20 Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar Terlengkap

Dtokonline-Artikel ini berisikan pengertian surat kuasa dan contoh dari surat kuasa yang baik dan benar, mulai dari surat kuasa penjualan tanah


20 Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar Terlengkap


20 Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar (2021)

Surat kuasa berfungsi sebagai bukti penerimaan sebuah kewajiban atau hak oleh suatu pihak. Sebelum membuat surat kuasa, ada baiknya ketahui contoh surat kuasa yang baik dan benar terlebih dahulu. Terutama untuk kamu yang belum pernah membuat surat jenis ini.

Biasanya contoh surat kuasa dibuat dengan tujuan perwakilan pengambilan uang gaji, pengambilan ijazah, pengambilan paspor, pengambilan dokumen-dokumen penting, dan lain-lain.

Definisi Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat pemberian kuasa atau wewenang kepada seseorang yang sudah dipercayai agar yang ditunjuk mampu mewakili orang yang memberikan kuasa tersebut.

Hal itu terjadi karena terdapat beberapa sebab yang mengharuskan pihak penyerah kuasa tidak dapat melaksanakan atau menghadiri pada suatu undangan.

Fungsi Surat Kuasa

Fungsi dari surat kuasa sendiri yaitu menjadi bukti tertulis bahwa penerima surat memiliki kewajiban atau hak sesuai dengan surat yang tertulis.

Ciri Ciri Surat Kuasa

Surat kuasa merupakan salah satu surat yang terbilang resmi. Namun memiliki beberapa perbedaan dengan surat resmi yang sering kita jumpai.

Terdapat beberapa ciri khusus yang dimiliki surat kuasa. Berikut ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh surat kuasa.

  • Surat kuasa menggunakan bahasa yang baku dan mudah dipahami
  • Surat ini disertai dengan judul surat, misal “surat kuasa”
  • Surat ini disertai dengan surat pelimpahan kuasa tertentu kepada pihak terkait

Diatas merupakan ciri dari surat kuasa yang harus diketahui. Berguna agar dapat membedakan dengan jenis surat resmi yang lain.

Unsur Unsur Surat Kuasa

Berikut beberapa hal yang harus termuat pada contoh surat kuasa:

1. Bagian KOP

Kop atau kepala surat harus dituliskan pada surat kuasa yang anda buat. Bagian kop ini berisi identitas sebuah surat.

Kop juga salah satu yang membuktikan bahwa surat tersebut termasuk surat resmi. Terdapat beberapa hal yang harus ada pada kop surat, yaitu:

  1. Judul, berisi maksud untuk dari pembuatan surat tersebut, atau jenis surat apa yang anda buat itu, misalkan “surat kuasa”.
  2. Nomor surat, apabila surat berasal dari instansi resmi anda juga harus mencantumkan nomor surat, hal tersebut karena surat kuasa ini merupakan surat resmi, namun jika surat dikeluarkan oleh perorangan dan bukan atas nama instansi atau lembaga tertentu, Anda tidak perlu mencantumkan nomor surat pada surat kuasa yang dibuat.
  3. Nama organisasi, apabila yang memberikan surat kuasa bukan perorangan, tetapi salah satu instansi atau lembaga tertentu maka nama lembaganya harus ditulis dibagian kop surat. Jika perorangan maka tidak perlu dicantumkan.

2. Bagian Isi

Bagian ini merupakan bagian utama pada surat kuasa. Bagian ini berisi identitas si pemberi kuasa, penerima kuasa, pernyataan kuasa, dan terkadang juga konsekuensi yang akan didapatkan terkait penggunaan surat ini.

  1. Identitas pemberi kuasa, berisi biodata lengkap pemberi kuasa, seperti nama lengkap, tempat/tanggal lahir, pekerjaan, alamat, dan Nomor Induk kependudukan (NIK). Usahakan data yang dicantumkan lengkap supaya tidak membingungkan.
  2. Identitas penerima kuasa, berisi biodata lengkap penerima kuasa, seperti nama lengkap, tempat/tanggal lahir, pekerjaan, alamat, dan Nomor Induk kependudukan (NIK). Seperti data pada penerima kuasa, usahakan juga data yang dicantumkan lengkap, sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) penerima kuasa.
  3. Pernyataan penyerahan kuasa, berisi pernyataan penyerahan kuasa, misal pemberi kuasa sebagai pihak pertama dan penerima kuasa sebagai pihak kedua, pernyataan tersebut misalkan saja pihak pertama memberikan kuasa kepada pihak ke dua untuk melakukan pengambilan ijazah. Anda dapat menuliskan seperti itu misalnya.
  4. Pernyataan konsekuensi, biasanya pemberi kuasa juga mencantumkan pengharapan agar surat kuasanya yang diberikan digunakan dengan sebaik-baiknya, hal tersebut memberikan sedikit peringatan kepada penerima kuasa agar tidak menggunakan surat kuasa dengan seenaknya sendiri.

3. Bagian Penutup

Pada bagian penutup surat kuasa, anda dapat menggunakan penutup seperti surat resmi yang lainnya.

Agar lebih jelas, terdapat 2 poin penting yang harus  diperhatikan untuk mengisi bagian penutup, yaitu:

  1. Pernyataan penutup terkait tujuan pembuatan surat kuasa tersebut.
  2. Tanda tangan kedua belah pihak. Jangan lupa disertai dengan materai.

Diatas merupakan unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam pembuatan surat kuasa. Didalam pembuatannya diharuskan untuk teliti.

Jenis Surat Kuasa

Secara umum surat kuasa terbagi menjadi tiga:

1. Surat Kuasa Perseorangan

Surat kuasa perseorangan merupakan surat kuasa yang dibuat oleh seseorang untuk mempercayakan urusan atau kepentingan pribadi kepada orang lain.

Contohnya: surat kuasa pengambilan BPKB, surat kuasa pengambilan uang gaji pensiun, surat kuasa pengambilan ijazah dan lain-lain.

2. Surat Kuasa Kedinasan

Surat kuasa kedinasan adalah surat kuasa yang dibuat oleh suatu perusahaan atau instansi (baik pimpinan maupun pejabatnya) yang diberikan kepada bawahannya untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan atau instansi tersebut.

Contohnya: surat kuasa pengambilan naskah ujian, surat kuasa pengawasan proyek dan lain-lain.

3. Surat Kuasa Istimewa/Khusus

Surat kuasa khusus merupakan surat kuasa yang dibuat oleh seseorang atau perusahaan kepada pihak advokat (pengacara) guna menyelesaikan masalah yang terkait dengan pengadilan.

Hal yang Perlu Diketahui

Terdapat beberapa hal penting yang harus anda ketahui dalam pembuatan surat kuasa ini. Berikut beberapa hal yang harus diketahui ketika membuat surat kuasa.

Pilih orang yang terpercaya

Sehubungan dengan berbagai permasalahan atau dokumen penting, sebaiknya pilihlah orang yang benar-benar anda kenal untuk diberi kuasa mengurusnya, misalkan keluarga, saudara, atau teman dekat.

Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya mengandalkan surat kuasa

Apabila menjadi pihak yang diberikan kuasa, sebaiknya tidak hanya mengandalkan surat kuasa tersebut untuk mengurus beberapa permasalahan.

Diharuskan juga membawa dokumen pendukung surat kuasa tersebut, misalkan membawa surat keterangan dari ketua Rt atau Rw terkait menyerahkan kuasa tersebut.

Sertakan juga identitas anda untuk dicocokkan dengan surat kuasa.

  • Beri materai pada surat kuasa

Hal penting yang sering dilupakan dalam pembuatan surat kuasa, yaitu materai. Pada surat kuasa diharuskan mencantumkan materai sebagai bukti bahwa surat tersebut sah secara hukum.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini sebagai pihak 1:

Nama : Rara Ramadhani

Tempat/ Tanggal lahir : Yogyakarta, 06 Juli 1990

Jenis Kelamin : Perempuan

NIK : 330011223344556609

Alamat : RT. 10, RW. 03, Pelem, Mandah, Riau.

Dengan ini memberikan kuasa kepada pihak 2:

Nama : Dimas Bakti

Tempal/Tanggal lahir : Riau, 04 Agustus 1995

Jenis Kelamin : Laki-laki

NIK : 330011223344557704

Alamat : RT. 10, RW. 03, Pelem, Mandah, Riau.

Untuk mengurus pengambilan BPKB dengan nomor polisi: R 2001 SA. Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar-benar dan mohon digunakan sebagaimana mestinya.

Riau, 16 Mei 2018

Penerima Kuasa

Pemberi Kuasa

Dimas Bakti

Rara Ramadhani

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Saya yang bertanda tangan di bawah ini sebagai pihak 1:

Nama : Melan Ika

Tempal/Tanggal lahir : Jakarta, 23 Februari 1990

NIM : 1231230012

Alamat : RT. 10, RW. 03, Pelem, Mandah, Riau.

Memberikan kuasa kepada pihak 2:

Nama : Ayuditha Dewi

Tempat/Tanggal lahir : Bandung, 05 Maret 1990

NIM : 1231230005

Alamat : RT. 03, RW. 05, Kenayan, Kedungwaru, Tulungagung.

Dengan ini pihak 1 memberikan wewenang kepada pihak 2 untuk mewakili pihak 1 dalam:

  1. Pengumpulan buku sumbangan untuk perpustakaan atas nama pihak 1.
  2. Pengumpulan jurnal skripsi atas nama pihak 1.
  3. Pengambilan transkip nilai atas nama pihak 1.
  4. Pengambilan ijazah atas nama pihak 1.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa ada keterpaksaan dari pihak manapun. Mohon surat ini digunakan dengan semestinya.

Tulungagung, 14 Juni 2018

Penerima Kuasa

Pemberi Kuasa

Ayuditha Dewi

Melan Ika

Contoh Surat Kuasa Khusus

SURAT KUASA KHUSUS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Data Keterangan
Nama Surya Darma
Pekerjaan Karyawan Swasta
No. KTP 89375983475983
Alamat Jl. Pandu No. 123 Bandung

Memberikan kuasa penuh kepada :

Data Keterangan
Nama Sutinah
Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil
No. KTP 349857398573
Alamat Jl. Seroja No. 123 Bandung

—– KHUSUS —–

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk mengambil Sertifikat Rumah dengan alamat Jalan Raya Anggrek Melati Raya Km. 38,5 Kelurahan Asam Manis Kecamatan Merah Jambu Kabupaten Bandung dengan luas bangunan 750 m2 (Tujuh Ratus Lima Puluh meter persegi) dan luas tanah 1000 m2 (seribu meter persegi) yang telah lunas pembayarannya.

Untuk keperluan tersebut yang diberi kuasa berhak menghadap kepada pejabat/ instansi yang berwenang dan notaris atau PPAT menanda tangani Akta Jual Beli dan atau memberikan dan menerima surat – surat lainnya yang berkenaan dengan tanah tersebut serta menerima uang pembayarannya dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk terlaksananya maksud tersebut diatas.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar – benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 22 Desember 2020,
Yang Memberi Kuasa,

Surya Darma

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Gilang Setiawan
Alamat     : Bawang, Banjarnegara
No. KTP  : 1455299908

Kemudian disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Dengan ini memberikan kuasa terhadap:

Nama      : Tiyas Safira
Alamat    : Bawang, Banjarnegara
No. KTP : 211101717594

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa.

Yang memiliki hubungan Kakak Kandung dari Pemberi Kuasa.

KHUSUS

Untuk sewaktu – waktu bertindak atas nama PEMBERI KUASA pada pengambilan PASPOR di tempat Kantor Imigrasi Wonosobo, Jl. Raya Banyumas KM 5,5, Selomerto, Kradenan, Selomerto, Kec. Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56361.

Surat kuasa ini berlaku dengan efektif sejak ditandatanganinya serta akan terus berlaku sampai Paspor diterima oleh pihak Penerima Kuasa.

Demikian surat kuasa ini diberikan untuk bisa dimanfaatkan sebagaimana seharusnya.

Tangerang,16 November 2019

 Pemberi Kuasa                                                            Penerima Kuasa

(Materai 6000)

(Gilang Setiawan)                                                         (Tiyas Safira)

Contoh Surat Kuasa Bank

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

            Nama               : Ahmad Hakim

            Nomor KTP    : 1503400610******

            Umur               : 30 Tahun

            Agama             : Islam

            Pekerjaan        : Wiraswasta

            Alamat             : Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40135

Dengan ini memberi kuasa secara penuh kepada :

            Nama               : Denanda Saputra

            Nomor KTP     : 1508028609******

            Umur               : 36 Tahun

            Agama             : Islam

            Pekerjaan         : Mengurus Rumah Tangga

            Alamat             : Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Untuk memakai rekening Bank Mandiri saya dengan nomor 5925-03-005***-**-** atas nama Ahmad Hakim, adapun kegunaan dari pemakaian nomor rekening tersebut yaitu guna melakukan transfer pembayaran pembelian AMPERE LISTRIK pada PT. PLN (Persero) Rayon Muara Cakung.

Demikianlah surat kuasa ini diterbitkan dengan sebenar – benarnya untuk dimanfaatkan dengan sebagaimana mestinya.

Sungai Serayu, 25 Juni 2020

Yang Menerima Kuasa                                                          Yang Memberi Kuasa

MARDIANA                                                                               AHMAD SYAFUAN

SURAT KUASA

Apa yang tercantum di bawah ini:

Nama Lengkap: Setiawan Putra

Tempat Lahir: Purwokerto

Umur/ Tanggal Lahir: 27 Yrs, 08 Desember 1993

Jenis kelamin laki-laki

Kebangsaan: Indonesia

Residence: Jl. KS. Tubun, Kober, Rejasari, Kec. Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53134.

Islam

Pekerjaan: Pegawai Swasta

Pendidikan: Sekolah Vokasi

Dengan ini mengakui dan menerangkan jika ia memberi kekuatan untuk:

Larasati Safa, S.H. Sebagai Advokat, Pengacara serta Perwakilan Hukum di “ADVOCATE LAW OFFICE FOLENDA & PARTNER” yang mempunyai alamat dan kantornya di . Gunung Salak No.1, Kongsen, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53121.

K H U S US

Untuk membantu, merombak serta memberikan nasihat hukum terhadap Pemberi Kuasa sebagai dituduh/ dicurigai sudah menetapkan/ melakukan pasal 27 mengenai Informasi serta Transaksi Elektronik (UU ITE).

Dan untuk itu:

Tindakan serta tujuan hukum untuk dan juga atas nama pemberi kuasa terhadap kasus yang diduga/ ditagih, yang meliputi Penyedia Proksi di tingkat penyelidikan.

Penuntutan di Kantor Kejaksaan serta menyertai/ menguntungkan Pengadilan Pengadilan Negeri Purwokerto, menyerahkan serta menandatangani pledoi, membuat serta menandatangani memori banding, perintah kasasi.

Serta apabila Anda ingin memakai kantor, Kantor Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Agung, Pengadilan Tinggi dan Kantor Kejaksaan, dan juga lembaga – lembaga baik di kalangan militer ataupun militer. Kirim seluruh permintaan yang berhubungan dengan kasus ini serta ratifikasi mereka, berikan seluruh nama yang diperlukan. Sehingga ini adalah kuasa yang dibuat dengan tujuan nyata.

Demikianlah surat kuasa ini diterbitkan dengan sebenar – benarnya supaya dapat dimanfaatkan sesuai dengan maksud pemberian kuasa ini.

Purwokerto Selatan, 19 Juni 2020

Penerima Kuasa,                                                  Pemberi Kuasa,

Sihombing Hutapea, S.H., M.H.                       Setiawan Putra

Contoh Surat Kuasa Tanah

a. Pembelian Tanah

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

             Nama               : Prasetyo Aji

            Umur               : 33 Tahun

            Agama             : Islam

            Pekerjaan        : Wiraswasta

            Alamat             : Jl. Karang Kobar No.9, Glempang, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53115

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama para ahli waris dari Alm. Bapak Giri dan Ibu Wati yang keduanya telah meninggal dunia di Bali, untuk selanjutnya disebut pihak ke 1 (Pertama).

Dengan ini memberi kuasa secara penuh kepada:

            Nama               : Setyo Pramono

            Umur               : 35 Tahun

            Agama             : Islam

            Pekerjaan         : Wiraswasta

            Alamat             : Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53142

KHUSUS

Untuk dan atas Pihak Pertama tersebut di atas, maka Pihak Kedua dapat melakukan hal sebagai berikut, yaitu menjual tanah seluas 310 tumbak di Komplek PJKA 386-388, JL. Jend. Sudirman, Purwokerto Lor, Purwokerto, Sokanegara, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah atas nama Bapak Prasetyo Aji.

Untuk keperluan tersebut yang diberi kuasa berhak menghadap kepada pejabat/ instansi yang berwenang dan notaris/ PPAT menandatangani Akta Jual Beli dan atau memberikan dan menerima surat- surat yang lainnya yang berkenan dengan tanah tersebut serta menerima uang pembayaran dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk terlaksananya maksud tersebut diatas.

Demikian Surat Kuasa ini dibuat dan ditandatangani, untuk dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

Purwokerto, 27 Desember 2020

Yang Memberikan Kuasa                                     Purwokerto, 27 Desember 2020

UU                                                                                          Prasetyo Aji

  Mengetahui/ Menyetujui

b. Penjualan Tanah

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

             Nama               : Danang Yanto

            Tempat Tanggal Lahir: Purwokerto, 2 Januari 1987

            Agama             : Islam

            Pekerjaan        : Wiraswasta

            Alamat             : Dusun I, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

Dengan ini memberi kuasa secara penuh kepada:

            Nama               : Ardana Putra

            Tempat Tanggal Lahir: Banjarnegara, 18 Mei 1992

            Agama             : Islam

            Pekerjaan         : PNS

            Alamat             : Jl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah 53151

Untuk memberikan tanah kepada pihak lain dengan harga dan syarat – syarat yang ditetapkan sendiri oleh penerima kuasa atas Sebidang tanah Hak Milik Nomor: 084234 seluas 500 meter persegi (lima ratus), yang terletak di kecamatan Purwokerto Selatan, Kelurahan Purwokerto Selatan.

Pemberi Kuasa                        Penerima Kuasa

Danang Yanto                           Ardana Putra

Contoh Surat Kuasa Perwakilan

SURAT KUASA

Nomor: 04/SMJ/VI/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ali Baba
Alamat Perusahaan: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Jabatan : Direktur PT Surya Makmur

Atas nama perusahaan berdasarkan Akta Notaris No. 19 Tanggal 02 Januari 2020 yang diterbitkan oleh Notaris Akbar Mulyana SH., M.Kn beserta perubahannya, yang beralamat di Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Yang kemudian disebut sebagai Pemberi Kuasa

Memberi Kuasa terhadap:

Nama: Sadikin Ali
Alamat: Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, Jakarta 11110

Yang kemudian disebut sebagai Penerima Kuasa.

KHUSUS

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa mewakili:

  1. Bisa mengerjakan pendaftaran ataupun pengambilan dokumen
  2. Dapat menghadiri pemberian penerangan;
  3. Bisa menghadiri pembukaan penawaran.

Terhadap surat kuasa ini tidak dilimpahkan lagi kepada orang lain.

Jakarta, 20 Mei 2020

Penerima             Kuasa Pemberi Kuasa

Ali Baba                     Sadikin Ali

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Gilang Putra
Tempat, Tanggal Lahir: ………
Nomor KTP: ………
Alamat: ………
Pekerjaan: ………
Kemudian disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Memberikan kuasa sepenuhnya kepada:

Nama: Laokta Setyo
Tempat, Tanggal Lahir: ………
Nomor KTP: ………
Alamat: ………
Pekerjaan: ………
Kemudian disebut sebagai Penerima Kuasa.

Dengan dibuatnya surat ini, saya sebagai Pemberi Kuasa, memberikan kuasa terhadap putra saya yang bernama Laokta Setyo (Penerima Kuasa) untuk dapat melakukan pengambilan uang secara tunai sejumlah Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) di dalam rekening BCA milik saya, dengan data – data sebagai berikut:

No. Rekening: ………
Atas Nama: Gilang Putra
Nama Bank: BCA

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenarnya – benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun serta dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Purwokerto, 07 Desember 2019
Penerima kuasa, Pemberi kuasa,

[Materai 6000]

Gilang Putra Laokta Setyo

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Galang Pratama
No. KTP: 07.2017.171108.00006
Tempat dan Tanggal Lahir: Wonosobo, 09 Juli 1993
Alamat: Jl. Raya Purbayasa, RT.03/RW.02, Purbayasa, Kec. Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53372

Kemudian disebut sebagai PIHAK PERTAMA, akan menyerahkan kuasa kepada:

Nama: Zaidan Putra
No. KTP: 09.1005.070792.00005
Tempat dan Tanggal Lahir: Purbalingga, 04 Mei 1995
Alamat: Jl. Raya Purbayasa, RT.03/RW.02, Purbayasa, Kec. Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53372

Dan berikutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA, untuk dapat mengambil dokumen dan juga surat – surat BPKB yang berada di Jl. Raya Owabong No.1, Dusun 2, Bojongsari, Kec. Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53362.

Surat kuasa ini dibuat dengan sebenar – benarnya untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Purbalingga, 17 Oktober 2020

Penerima Kuasa      Pemberi Kuasa

(Galang Pratama)        (Zaidan Putra)

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Data Keterangan
Nama Gayuh Melati
Tempat/Tgl Lahir Surakarta/18 Juni 1990
NIK 6867463974765
Jabatan Staff Pemasaran
Alamat Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada:

Data Keterangan
Nama Ridho Saputra
Tempat/Tgl Lahir Surakarta/20 Septermber 1989
NIK 736516433875
Pekerjaan Karyawan Swasta
Alamat Jl. Balekambang No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

Untuk mengambil gaji periode bulan April 2020 di Departemen Personalia PT. Setia Makmur Jaya dikarenakan saya tengah cuti melahirkan serta masih menjalani rawat inap di Rumah Sakit Elizhabeth.

Segala akibat maupun berbagai hal yang ditimbulkan dari pemberian kuasa ini akan menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenarnya – benarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak mana pun, untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Surakarta, 19 November 2020

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,
TTD TTD
Gayuh Melati. Ridho Saputra.

Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya sebagai (pemilik Kendaraan Sepeda Motor dengan spesifikasi yang akan disebutkan di bawah):

Nama                           : Irawan Susanto
Tempat, Tgl. Lahir    : Medan, 17 April 1987
No. KTP                      : 3509511603970003
Alamat                        : Jalan Duren Medan

Dengan ini Memberi Kuasa terhadap:

Nama                           : Prajoko Susilo
Tempat, Tgl. Lahir     : Surabaya, 23 Desember 1988
Alamat                        : Jalan Jambu Medan
No. KTP                      : 3509214216890001

Untuk mengurus/ memperpanjang Pajak STNK kendaraan bermotor roda 2 ( dua ) dengan spesifikasi sebagai berikut:

Nomor Polisi               : N 1456 RK
Nama Pemilik              : Irawan Susanto
Alamat                           : Jalan Duren Medan
Detail spesifikasi         : Sesuai dengan data yang ada pada STNK Nomor Polisi di atas

Demikian Surat Kuasa ini dibuat dengan sebenarnya – benarnya dan tanpa adanya paksaan dari  pihak luar untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Medang, 17 Agustus 2020

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,
TTD (Materai 6000) TTD (Materai 6000)
Gayuh Melati. Ridho Saputra.

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris

SURAT PERNYATAAN AHLI WARISKami yang bertanda tangan di bawah ini, kami para ahli waris dari Almarhum _________________ :

1. Nama lengkap                            : ______________________________
Nomor KTP                                     : ______________________________
Tempat, tanggal lahir                    : ______________________________
Pekerjaan                                         : ______________________________
Hubungan dengan Almarhum    : (dapat diisi dengan keterangan seperti anak kandung, saudara kandung, atau yang lainnya).
Alamat lengkap                              : ______________________________

2. Nama lengkap                           : ______________________________
Nomor KTP                                    : ______________________________
Tempat, tanggal lahir                  : ______________________________
Pekerjaan                                       : ______________________________
Hubungan dengan Almarhum   : (dapat diisi dengan keterangan seperti anak kandung, saudara kandung, atau yang lainnya).
Alamat lengkap                             : ______________________________

3. Nama lengkap                          : ______________________________
Nomor KTP                                   : ______________________________
Tempat, tanggal lahir                  : ______________________________
Pekerjaan                                       : ______________________________
Hubungan dengan Almarhum   : (dapat diisi dengan keterangan seperti anak kandung, saudara kandung, atau yang lainnya).
Alamat lengkap                              : ______________________________

Kemudian disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA terhadap:

Nama lengkap                                    : _____________________________
Nomor KTP                                         : _____________________________
Tempat, tanggal lahir                        : _____________________________
Hubungan dengan pemberi kuasa  : (dapat diisi dengan keterangan seperti anak kandung, saudara kandung, atau yang lainnya).
Pekerjaan                                              : _____________________________
Alamat lengkap                                    : _____________________________

Yang kemudian disebut sebagai Penerima Kuasa

Kami sebagai pemberi kuasa menyebutkan telah memberikan wewenang atau kuasa terhadap penerima kuasa untuk dapat mengurus penjualan harta waris peninggalan Almarhum ________________ yang telah meninggal pada tanggal ____________.

Adapun harta peninggalan yang dimaksud berupa:

Sebidang tanah serta rumah yang berdiri di atasnya dengan tertera Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor ________ atas nama _________.

Luas tanah yaitu ada ___________ meter persegi sedangkan rumah yang berdiri di atasnya seluas __________ meter persegi.

Tanah serta rumah tersebut berada di alamat _________________ (isi dengan alamat jelas).

Adapun batas – batas tanah serta rumah tersebut yaitu pada bagian sebelah barat ialah ___________, pada sebelah timur ialah________, pada sebelah utara ialah__________, serta pada bagian sebelah selatan ialah __________.

Kami juga memberikan kuasa kepada penerima kuasa untuk menandatangani Akta Jual Beli Tanah, menerima uang pembayaran, membuat tanda bukti pembayaran (kuitansi), melakukan tindakan hukum dengan pihak ketiga sehubungan dengan harta warisan, serta melakukan tindakan lain yang dianggap perlu untuk dilakukan.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Dibuat di            : _________________

Pada tanggal      : _________________

Pemberi kuasa  :

  1. ___________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, serta materai asli)
  2. ___________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, serta materai asli)
  3. ___________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, serta materai asli)

Penerima Kuasa:  ____________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, serta materai asli)

Saksi                    :

  1. ___________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, serta materai asli)
  2. ___________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, serta materai asli)

Mengetahui,

Lurah Desa ___________                                                         Camat Kecamatan __________

_____________________                                                       _________________________

(nama lengkap serta stempel resmi)                                            (nama lengkap serta stempel resmi)

Contoh Surat Kuasa Grab

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Data Keterangan
Nama Nikmah Kurnia Sari
NIK 23499235477976
Alamat Jl. Raya Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16135

Dengan ini menyatakan telah memberikan kuasa penuh untuk memakai mobil sebagai Angkutan Transportasi Online (Grabcar), dengan identitas mobil sebagai berikut:

Data Keterangan
Merk Toyota
Type Kendaraan Avanza
Tahun Pembuatan 2017
No. Polisi BK 4821 CBA

Kepada peminjam calon driver Grabcar:

Data Keterangan
Nama Giovani Putra
NIK 35675382385379532
Alamat Jl. Raya Puncak Gadog No.KM.77, Leuwimalang, Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat 16750

Segala resiko maupun kejadian yang terjadi di jalan raya ketika mengemudi grabcar, maka akan menjadi tanggung jawab penerima kuasa sepenuhnya.

Demikian surat kuasa dibuat dengan sebenar – benarnya, dalam kondisi yang sadar dan sehat dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun juga, untuk dapat dimanfaatkan dalam mendaftar sebagai pengemudi grabcar.

Bogor, 16 Juli 2020

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,
TTD TTD
Nikmah Kurnia Sari Giovani Putra

Contoh Surat Kuasa Khusus Perdata

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan/cap jempol di bawah ini:

Nama          : Arvi Yusuf
Lahir          : Bondowoso, 03-12-1986
Gender       : Laki – laki
Umur          : 27 Tahun
Agama        : Islam
Pekerjaan   : PNS
Kewargaan : Warganegara Negara Indonesia (WNI)
Alamat        :Jl. Jend. Ahmad Yani No.Kav. 1, RT.005/ RW.002, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17148

Untuk selanjutnya selaku Pemberi Kuasa;

Dengan ini sudah memberikan kuasa sepenuhnya terhadap para Penerima Kuasa:

  1.  H. HARTONO HABIONO, S.H.
  2.  PRIMA CAHAYA DARMANTO, S.E., S.H.
  3.  DEDI SUSILO HASYIM, S.H., M.H.

Para Advokat berkantor di Kantor Hukum PENGACARA NUSANTARA Alamat: Jl. Kuris No.100, RT.002/RW.20 Kelurahan, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bks, Jawa Barat 17158. Dalam hal ini pemberi kuasa sudah memilih kedudukan hukum di alamat kuasanya tersebut di atas. Kemudian penerima kuasa bisa bertindak untuk dan atas nama pemberi kuasa baik sendiri ataupun bersama dengan selaku Penasihat Hukum;

K H U S U S

Data Keterangan
Perihal Untuk serta atas nama pemberi kuasa telah mengajukan dan juga menangani gugatan perdata mengenai Perbuatan Melawan Hukum selaku Penggugat di Pengadilan Negeri Bekasi;
Melawan
  1. Rukoyah Siti, perempuan, umur ± 48 tahun, Warga Negara Indonesia, agama Islam, pekerjaan ibu rumah tangga, bertempat tinggal di alamat Dusun Krajan, RT/RW : 03/08, Desa Bataan, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso;
  2. Adi Pamungkas, Laki-laki, Umur 35 Tahun, Warga Negara Indonesia, agama Islam,pPekerjaan PNS, bertempat tinggal di alamat Desa Bataan, RT 22 RW 5, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso;

Berkenaan dengan adanya pemberian kuasa di atas, maka Penerima Kuasa berhak serta berwenang untuk mengajukan/ menangani  gugatan, melakukan teguran, melakukan pelaporan, menjawab teguran, menghadiri dan berbicara baik di dalam ataupun di luar persidangan, menghadap Pejabat Peradilan, Instansi Pemerintah atau Swasta, Kepolisian; Melakukan pemeriksaan berkas/ dokumen/ berita acara serta meminta salinannya, menandatangani berbagai surat yang dibutuhkan, menyampaikan/ mengajukan alat bukti, memberikan keterangan baik lisan ataupun tertulis, menyampaikan keberatan baik lisan ataupun tertulis, mengadakan permufakatan (dading), mengajukan/ meghadapi upaya dalam hukum banding, kontra memori banding/ mengajukan memori, mengajukan upaya hukum kasasi, mengajukan eksekusi, kontra memori kasasi/ mengajukan memori kasasi, serta singkatnya Penerima kuasa bisa bertindak untuk melakukan seluruh tindakan hukum yang dipandang penting serta dibutuhkan untuk perlindungan hak serta kepentingan Pemberi Kuasa berkenaan dengan adanya pemberian kuasa ini;

Kuasa ini diberikan dengan hak retensi serta substitusi kepada pihak lain.

Pencabutan atas kuasa ini hanya bisa dilakukan dengan persetujuan penerima kuasa.

Bekasi, 19 Juni 2020

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,
TTD TTD
  1.  H. HARTONO HABIONO, S.H.
  2.  PRIMA CAHAYA DARMANTO, S.E., S.H.
  3.  DEDI SUSILO HASYIM, S.H., M.H.
Arvi Yusuf

Contoh Surat Kuasa Umum

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Anika Putri Utami
Pekerjaan: Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret
NIM: 210887816236
Alamat: Villa Tomang Baru Square No. 1 Jalan Raya Boulevard Gelamjaya Pasarkemis, Kuta Jaya, Kec. Ps. Kemis, Tangerang, Banten 15561

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama: Aulia Nur Fitriana
Pekerjaan: Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret
NIM: 2249484635
Alamat: BSD City, Jl. Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Tim., Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Untuk: Perwakilan KRS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021

Surat kuasa ini dibuat berhubung saya tengah mengerjakan Kerja Praktek di Bank Indonesia Bandung sehingga tidak bisa menghadiri perwalian KRS.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar – benarnya serta bisa dimanfaatkan dengan sebagaimana mestinya.

Tangerang, 07 Desember 2020

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Data Keterangan
Nama Putra Sadewa
NIK 88669674
Alamat Jl. Limo Raya No.58, Limo, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16514

Kemudian disebut sebagai Pemberi Kuasa

Memberikan kuasa penuh terhadap:

Data Keterangan
Nama Poundra Setia
NIK 8967465
Alamat Jl. Ir.H. Juanda RT 007 RW 21 Sidomukti, Abadijaya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat16417

Kemudian disebut sebagai Penerima Kuasa.

—– KHUSUS —–

Untuk serta atas nama Pemberi Kuasa guna mengambil BPKB atas nama Alexander Suwiryo atas kendaraan dengan rincian sebagai berikut:

Data Keterangan
Jenis Kendaraan Honda Jazz
Nomor Kendaraan BK 1234 AB
Warna Kendaraan Merah
No. Mesin 8967763546

Di Dealer Resmi Honda Kota Depok Jl. Margonda Raya No.368A, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar – benarnya untuk dapat dimanfaatkan dengan sebagaimana mestinya.

Depok, 26 Agustus 2020.

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,
TTD TTD
Putra Sadewa Poundra Setia

Contoh Surat Kuasa Pengambilan STR

SURAT KUASA PENGAMBILAN STR

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Data Keterangan
Nama Wahyu Putri, Amd, Keb
Alamat Jl. Syakyakirti, Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan
No HP 082252793675

Memberi kuasa penuh terhadap nama yang ada di bawah ini:

Data Keterangan
Nama Prayoga Hadiningrat, S.Kep
Alamat Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30257
No HP 087253049685

Untuk pengambilan berkas berupa STR Bidan di kampus STIKES Pelita Mas Palembang atas nama:

Data Keterangan
Nama Wahyu Putri, Amd, Keb
Alamat Jl. Syakyakirti, Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan
No HP 082252793675

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar – benarnya, untuk dapat dimanfaatkan seperlunya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Palembang, 27 Desember 2020

Yang Menerima Kuasa Yang Memberi Kuasa
TTD TTD
Putra Sadewa Poundra Setia

Contoh Surat Kuasa Kuasa

Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Yang bertanda tangan di bawah ini, sebagai pihak pertama:

Nama: Devinta Anastasia
Tempat/ Tanggal lahir: Bali, 15 Februari 1990
NIM: 1271238123
Alamat: Jl. Raya Puputan No.142, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234

Memberikan kuasa kepada pihak kedua:

Nama: Anindia Dhita
Tempat/ Tanggal lahir: Bali, 18 April 1990
NIM: 123117101719
Alamat: Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121

Dengan ini pihak pertama akan memberikan wewenang terhadap pihak kedua untuk dapat mewakili pihak pertama dalam:

  1. Pengumpulan buku sumbangan yang ditujukan terhadap perpustakaan atas nama pihak pertama
  2. Pengambilan transkip nilai atas nama pihak pertama
  3. Pengumpulan jurnal skripsi atas nama pihak pertama
  4. Pengambilan ijazah atas nama pihak pertama

Surat kuasa ini dibuat dengan sebenarnya – benarnya tanpa adanya keterpaksaan dari pihak mana pun. Dimohon supaya surat ini dapat dimanfaatkan dengan sebagaimana mestinya.

Bali, 23 Agustus 2020

Penerima Kuasa     Pemberi Kuasa

Anindia Dhita         Devinta Anastasia

Sekian penjelasan lengkap tentang contoh surat kuasa yang sudah kami bahas secara lengkap. Semoga dapat menambahkan ilmu untuk kita semua dan bisa dijadikan untuk referensi kamu.

Tidak ada komentar untuk "20 Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar Terlengkap"