3 Jenis Seo Dan Cara Kerjanya Pada Sebuah Blog

Artikel ini membahas jenis SEO dan cara kerja SEO Onpage dan Offpage pada sebuah situs. SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization, sebuah optimasi pada mesin pencari agar situs atau blog Anda dapat terindeks google. Dengan menerapkan teknik seo yang baik dan benar, maka Anda bisa mendapatkan ribuat Keyword organik secara gratis. Berikut ini informasi mengenai SEO.


Pengertian SEO


3 Jenis Seo Dan Cara Kerjanya


Bagi pebisnis yang menggunakan website sebagai media promosi online, perlu mengenal yang namanya teknik SEO. Terdapat 3 jenis SEO yang sangat bermanfaat bagi suksesnya strategi pencarian organik dan penentuan posisi website di mesin pencari. Adapun ketiganya adalah SEO on Page (di halaman), SEO Technical (teknis), dan SEO off page (di luar halaman).


Anda harus mampu memahami ketiga jenis SEO ini, kemudian memasukkan ketiganya atau lebih tepatnya menerapkan ketiga teknik SEO tersebut pada website bisnis Anda. Tujuannya, supaya lebih mudah dalam mengatur serta menjalankan rencana optimasi halaman website yang Anda miliki, menerapkan strategi digital marketing, dan paling utama, website Anda mudah ditemukan oleh para pelanggan.


Melalui artikel ini, Anda bisa melihat penjelasan dari ketiganya dan mempelajari cara kerja SEO secara lebih spesifik. Anda juga akan mengetahui, mengapa SEO sangat penting untuk diterapkan dalam strategi digital marketing, serta bisa pula menemukan jenis alat atau tools SEO yang mampu membantu Anda tingkatkan kinerja website demi menjangkau lebih banyak pelanggan.


On page SEO atau SEO pada halaman website ini kaitannya adalah dengan konten yang Anda buat. Termasuk pula di dalamnya, strategi apa yang bisa dilakukan untuk bisa mengoptimalkan setiap halaman yang ada.


Semua faktor SEO on page akan membantu mesin pencari supaya bisa melakukan crawling topik konten dalam website Anda. Kemudian, membuat situs web Anda menjadi sumber informasi yang berharga sehingga banyak dikunjungi audiens. Jika hal ini yang terjadi, tentu akan terjadi peningkatan traffic website.


Faktor-faktor yang mempengaruhi on page SEO, antara lain:


* Riset keyword. Anda harus menemukan kata kunci terbaik yang akan Anda targetkan pada halaman konten website. Untuk itu, Anda perlu memahami dengan baik bagaimana cara riset keyword, penggunaan short tail dan long tail keyword, dan tools untuk riset keyword.

* Membuat konten. Pastikan hanya menerbitkan konten dengan kualitas tinggi dan konten SEO friendly dengan fokus utamanya pada kata kunci yang telah ditargetkan.

* Optimasi keyword. Anda letakkan semua kata kunci yang telah ditargetkan tersebut di bagian yang strategis, juga memanfaatkan meta tag SEO yang paling baik


Untuk membantu semua aspek SEO yang ada dalam halaman, maka Anda bisa menggunakan berbagai tools pendukung, seperti Alexa, Ahrefs, Moz, dan sebagainya. Sementara itu, jika ingin melakukan penelitian kata kunci dan pembuatan konten, ada banyak tools penelitian kata kunci yang bisa digunakan, seperti Ubersuggest, Ahrefs, keyword planner, sehingga bisa menemukan keyword yang relevan, paling populer, dan saingannya rendah untuk Anda gunakan di website.


Mengoptimalkan kata kunci bisa memanfaatkan tools khusus optimasi kata kunci. Tools tersebut akan membantu Anda meninjau setiap halaman yang ada dalam situs, sekaligus memindai, apakah halaman sudah mengoptimalkan kata kunci target atau tidak. Anda harus memasukkan kata kunci yang ditarget beserta URL target yang akan dipindai, nantinya Anda akan mendapatkan laporan lengkap, berikut saran untuk melakukan pengoptimalan.


Untuk jenis SEO teknis ini, kaitannya adalah dengan elemen non-konten yang ada dalam situs web. Termasuk di dalamnya, berbagai strategi yang bisa memperkuat pondasi dan struktur situs. Dengan memaksimalkan SEO Teknis, tingkat keterbacaan situs ketika mesin telusur sedang merayapi pun jadi semakin tinggi.


Kenapa bisa dirayapi robot mesin pencari itu penting? Karena artinya, tingkat keterbacaan website Anda bisa dikategorikan bagus. Hal ini tentu akan dapat memberikan user experience yang bagus juga bagi para audiens. Sebab, user experience yang bagus penting sekali dan sangat mempengaruhi keseluruhan traffic web, serta tingkat keterlibatan.


Adapun macam-macam SEO yang termasuk dalam kategori ini ada hubungannya dengan kecepatan situs, mobile friendly atau tidak, pengindeksan, kemampuan mendapatkan posisi terbaik di halaman pertama Google, data terstruktur, arsitektur situs, dan keamanannya.


Jalan paling gampang untuk memeriksa cara kerja SEO teknis ini dengan memanfaatkan tools audit SEO. Biasanya penggunaannya, Anda cukup memasukkan link situs Anda. Lalu, Anda bisa mendapatkan laporan lengkap mengenai status elemen teknis di dalam website Anda. Bahkan, Anda bisa mendapatkan petunjuk lengkap mengenai cara penyelesaian untuk masalah-masalah yang ditemukan.


Off page SEO akan membantu hubungan situs web Anda dengan situs yang lain, dengan saling memberikan referensi dan pengaruhnya di mesin pencari. Dalam hal ini, termasuk pula strategi membangun reputasi dan otoritas situs.


Penerapan teknik SEO off page yang bagus juga menjadi faktor dalam menentukan page rank Google. Di saat yang sama, juga dapat membantu mesin pencari untuk melihat bahwa website yang Anda kelola memiliki hasil pencarian yang ideal. Sebab, ada banyak website lain yang bereputasi baik, mereferensikan website Anda. Artinya, website bisnis Anda dipercaya dan juga diandalkan.


Umumnya, SEO off page ini selalu dikaitkan dengan backlink yang kualitasnya terbaik. Mungkin Anda bertanya, apa manfaatnya backlink ini? Nah, Anda bisa membaca artikel berjudul4 Manfaat Backlink untuk Website Bisnis agar lebih mudah memahaminya.


Prinsipnya, Anda perlu memastikan mayoritas tautan atau backlink yang diarahkan ke situs Anda, berasal dari situs otoritatif yang relevan, dan merupakan backlink dofollow kalau bisa. Sehingga, mampu membuat mesin telusur percaya jika situs Anda ini situs yang bermanfaat bagi pengguna, bisa dipercaya, dan informatif. Banyak cara untuk membangun reputasi suatu situs, misalnya dengan taktik guest post, ataupun dengan menerapkan strategi link building berkualitas.


Tiga jenis SEO ini bisa Anda terapkan secara bersamaan, namun tentu saja dengan strategi yang tepat, sehingga website Anda bisa mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari. Kalau Anda belum benar-benar paham cara kerjanya, atau belum punya waktu untuk menerapkan SEO sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang punya jasa SEO profesional. Jangan sembarangan memilih layanan dan jasa SEO. Anda perlu berhati-hati dengan jasa SEO murah yang belum tentu bagus hasilnya.

Tidak ada komentar untuk " 3 Jenis Seo Dan Cara Kerjanya Pada Sebuah Blog"