5 Cara Kerja Seo Yang Wajib Kamu Ketahui

Dtokonline-Artikel ini membahas bagaimana cara kerja SEO mesin pencari google yang perlu Anda ketahui. Cara kerja SEO, Pengertian SEO, dan Cara membuat artikel SEO akan dibahas pada artikel ini.


Bagaimana SEO Bekerja di mesin pencari


Semua orang yang memiliki website atau blog punya keinginan yang sama, yakni masuk halaman 1 google. Namun, untuk merealisasikan tujuan tersebut, tentunya kamu harus tahu tentang seo google tentunya. Dalam hal ini, bagaimana cara kerja SEO supaya website milikmu, khususnya halaman produk dan jasanya bisa mendapatkan posisi terbaik dan teratas di halaman mesin pencari google. Yuk disimak ulasan mengenai panduan seo google gratis dibawah ini.


Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Mudahnya, apa yang dimaksudSearch Engine Optimization adalah strategi yang dilakukan oleh seseorang untuk mengoptimasi situs website di mesin pencari, dalam hal ini adalah Google.


Strategi optimasi ini punya satu objektif yaitu membuat website milikmu bisa mendapatkan peringkat pertama di halaman mesin pencari dengan indikator keberhasilannya; berhasil masuk ke dalam halaman pertama untuk posisi ke 1, 2 atau 3 di Google.


Kenapa sih website kamu harus masuk peringkat teratas di halaman mesin pencarian? Jawabannya; website milikmu akan mendapatkan trafik pengunjung berlimpah secara berkelanjutan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Menarik, bukan?


SEO sering digunakan untuk mendapatkan trafik pengunjung website yang tepat sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Misalnya kamu sedang melakukan strategi content marketing dengan optimasi SEO. Goal campaign ini adalah mendapatkan calon buyer tertarget yang sedang mencari jasa digital marketing untuk bisnis mereka.


Untuk mendapatkan trafik pengunjung tertarget seperti itu, tentunya kamu harus mengikuti panduan yang berlaku sesuai dengan aturan algoritma terbaru pada mesin pencari Google, misalnya saja algoritma January 2020 Core Update.


Update ini mengharuskan pemilik website untuk mengikuti bagaimana cara kerja SEO agar hasil optimasi bisa maksimal dan goal tercapai dengan baik.


Sebelum membahas SEO lebih dalam lagi, izinkan kami meluruskan salah kaprah mindset yang sering diyakini oleh orang awam tentang optimasi mesin pencari ini. Perlu diingat bahwa SEO bukanlah strategi instan yang bisa dikerjakan dalam satu waktu satu malam. Butuh waktu yang cukup Panjang sampai optimasi website milikmu bisa tampil di halaman pertama mesin pencari google.


Untuk itulah, kami membuat artikel edukasi ini untuk teman-teman pembaca, tujuannya adalah teman-teman pembaca jadi mengetahui bagaimana cara kerja SEO pada website yang kamu optimasi. Dengan begitu, kamu bisa tahu alur dan tahapan yang harus kamu lalui dalam proses optimasi website bisnis milikmu. Tertarik ingin tahu bagaimana cara kerja SEO? Ini ulasannya!


5 Cara Kerja Seo Yang Wajib Kamu Ketahui

Menerapkan teknik SEO tentunya tidak semudah kelihatannya dan tidak sesederhana mengetikkan kata kunci di kotak bar mesin pencari, kemudian meng-klik tombol Enter, voila! Website kamu auto page 1 Google!


Well, prosesnya nggak instan begitu sih, soalnya ada beberapa tahapan cara kerjaSearch Engine Optimizationyang harus kamu ketahui supaya tahu bagaimana sebuah website bisa mendapatkan ranking teratas di halaman pencarian. Ini ulasannya;


1. Pahami Proses Cara Kerja SEO di Mesin Pencari

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah pastikan kamu tahu alur kerja mesin pencari sebelum sebuah artikel bisa tampil di halaman teratas top 1 google. Agar strategi seo marketing bisnismu berhasil, kamu harus mengetahui 5 proses indeks artikel di mesin pencari, berikut uraiannya.


1. Crawling

Cara kerja seo yang pertama ada yang namanya; Crawlingatau pengertian harfiahnya dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai perayapan. Crawling adalah proses pertama dimana terjadi pengambilan data pada halaman website milikmu mulai dari data halaman homepage, artikel blog post, label, hingga halaman statis.


Sebagai ilustrasi kita pakai sampel mesin pencari google. Mesin pencari terkenal ini sudah menyiapkan software perayapan bernama crawler, spider, atau Google Bot. Google bot akan merayapi semua halaman website yang ada di database miliknya. Proses perayapan meliputi konten artikel yang baru dipublikasikan atau konten lama yang diupdate di dalam sebuah web.


Dari ulasan ini kita jadi tahu ya, ada Google Bot yang selalu mampir mengecek dan merayapi setiap kali kita melakukan update artikel.


2. Indexing

Cara kerja seo kedua, ada Indexing. Maksud dari indexing adalah proses pembuatan indeks untuk semua halaman website yang sudah dirayapi (crawling) oleh google bot dan disimpan ke dalam sebuah tempat pernyimpanan data bernama database mesin pencari.


Dalam SEO, kita mengenal riset kata kunci. Nah, proses indexing ini akan menyimpan halaman artikel kamu berdasarkan konten artikel yang kamu buat mulai dari title tag, deskripsi, dan komponen isi konten lainnya ke dalam database mesin pencari.


3. Processing

Tahap ketiga, cara kerja seo ini sangat familiar dan sering kamu praktekkan, yaitu ketika kamu menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan. Misalnya kamu ingin mencari informasi tentang cara kerja seo, maka mesin pencari akan melakukan tahap ketiga, yaitu processing.


Proessing adalah cara kerja ketiga dimana mesin pencari Google menerima permintaan dari pengguna mesin pencari (user) yang mengetikkan kata kunci pada bar pencarian. Kemudian, mesin pencari Google akan memproses kata kunci yang dicari user terlebih dahulu dengan cara membandingkan kata kunci ke dalam daftarlistpermintaan pencarian dengan halaman website relevan yang memuat konten yang dicari pengguna.


5. Calculating Relevancy

Tahapan selanjutnya adalah kalkulasi relevansi. Ketika pengguna mesin pencari mengetikkan keyword atau kata kunci di kotak bar pencarian google dan mengklik enter, maka terjadi proses kerja seo perhitungan relevansi kata kunci dengan konten website yang sudah tersimpan di database indeks mesin pencari.


6. Retrieving Result

Langkah terakhir dan paling ditunggu dari cara kerja SEO, yaitu retrieving result. Pada fase ini, kata kunci yang sudah diketik oleh pengguna di kotak bar mesin pencari akan menampilkan hasil pada halaman pencarian dengan tingkat relevansi yang tepat berdasarkan kata kunci yang sudah diproses sebelumnya yang kemudian ditampilkan ke dalam 10listatau indeks website teratas yang menurut google paling bagus dari segi kualitas konten, optimasi seo, dan cocok dengan kata kunci yang diketikkan pengguna.


Sebagai tambahan informasi, hasil 10 list atau indeks di halaman teratas sifatnya tidak permanen karena ada banyak pemilik website yang bersaing untuk memperebutkan kata kunci kompetitif yang jumlah pencarian bulanannya tinggi. Maka dari itu, pihak Google melakukan update atau pembaharuan rutin terhadap algoritma mesin pencari miliknya dengan tujuan memastikan para pengguna mendapatkan hasil konten informasi yang relevan, bermanfaat, dan terpercaya untuk pengguna.


2. Pastikan untuk Melakukan Riset Keyword

Kedua, pastikan kamu melakukan riset keyword google untuk konten yang ingin kamu buat. Misalnya saja, cari kata kunci yang memiliki potensi pencarian tinggi. Bagaimana cara riset keyword? Mudah, pilih saja kata kunci yang pencarian bulanannya tinggi. Begitu sudah menemukan kata kunci utama yang kamu targetkan, jangan lupa optimalkan dengan tambahan dukungan dari kata kunci turunan dan LSI agar konten artikel SEO makin kuat.


3. Buat Struktur Konten Artikel SEO yang Mudah Diikuti dan Optimalkan Penempatan Keyword

Tips ketiga, sebuah konten yang baik memiliki struktur yang mudah diikuti. Lazimnya, artikel yang baik terdiri dari paragraf pembuka, isi konten, dan paragraf penutup. Untuk pengoptimalan kata kuncinya, kamu bisa meletakkan keyword di title tag, 100 kata pertama, heading, isi konten di tengah artikel, dan di akhir paragraf. Mudah, bukan?


4. Optimalkan SEO On Page Artikel Yang Kamu Buat

Untuk segmen keempat ini, kamu bisa mengoptimalkan sisi on page seo dengan cara membuat konten berkualitas, seo-friendly, dan jangan lupa berikan user experience terbaik dalam artikel yang kamu buat misalnya diberi tambahan gambar, animasi, atau konten pendukung lainnya. Sisanya, bagaimana cara seo on page khususnya dalam pengoptimalan peletakan kata kunci bisa kamu cek pada ulasan pada poin ketiga.


5. Bangun Backlink Berkualitas Tinggi

Usahakan untuk membangun backlink untuk konten yang kamu buat. Kenapa ini penting? Well, jawabannya mudah saja, semakin banyak artikelmu dijadikan referensi oleh website lain, semakin tinggi otoritas kualitas konten yang kamu buat.


Fokuslah membangun backlink dari website berotoritas tinggi baik dari segi website dan halaman kontennya, relevansi link, penempatan link, dan anchor text yang digunakan. Kalau kamu tertarik untuk mengetahui jumlah backlink yang kamu miliki, kamu bisa pakai backlink checker yang tersedia di google. Kalau ingin cepat dapat backlink, kamu bisa saja cari jasa backlink di digital marketing agency yang kamu kenal.


Dari uraian 5 cara kerja SEO diatas, kamu jadi paham bahwa meningkatkan peringkat website di mesin pencari bukan perkara mudah dan instan yang bisa selesai sekali optimasi, melainkan ada serangkaian proses kerja SEO yang harus dilalui mulai dari crawling hingga retrieving result.


Untuk itu, kalau kamu ingin mengoptimasi seo website milikmu, pastikan kamu sudah siap meluangkan banyak waktu untuk terus memantau posisi ranking kata kunci yang kamu targetkan setiap saat sampai goal masuk halaman 1 google tercapai. Tapi kalau kamu bingung harus bagaimana caranya menembus persaingan kata kunci yang ketat, kamu bisa mengandalkan jasa seo dari brand terpercaya di bidang ini, Marketz.id misalnya.


Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih telah membaca tulisan tentang cara kerja seo ini dan semoga bermanfaat ya untukmu.

Tidak ada komentar untuk " 5 Cara Kerja Seo Yang Wajib Kamu Ketahui"