Cara Membuat Blogspot yang Simpel bagi Pemula, Mudah dan Gratis

Dtokonline-Artikel ini berisikan cara membuat blogspot yang simpel bagi pemula dengan gratis, cara ini juga bisa Anda gunakan untuk dapat uang dari blog. Di era digital saat ini, itu membuat semua orang dapat bekerja dan ikut serta dengan kemajuan teknologi. Selain itu, hari ini setiap orang bebas untuk mengekspresikan atau bekerja dengan bantuan teknologi.


Cara Membuat Blogspot yang Simpel bagi Pemula, Mudah dan Gratis


Jika Anda senang membayangkan dan menuangkan tulisan, itu mungkin membuat blog bisa menjadi solusi. Selain dapat mengeksplorasi imajinasi dengan menulis, Anda juga dapat mengasah keterampilan menulis Anda.


Meskipun memiliki Chanel YouTube dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, pada kenyataannya, itu membuat blog dapat masuk. Satu platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog adalah melalui blogspot. Selain itu, cara membuat blogspot dengan mudah terutama untuk pemula.


Anda pasti telah melihat blog yang penuh dengan iklan bukan? Nah iklan yang Anda lihat adalah satu bentuk jika blog yang Anda miliki memiliki banyak pembaca. Cara membuat blogspot sehingga Anda juga dapat menggunakan kas rupiah yang dapat Anda gunakan google adsense.


Jika Anda sudah tahu cara membuat blogspot, Anda juga dapat membuat blog Anda terlihat menarik dengan desain dan tema yang ada. Selain itu, cara membuat blogspot juga tidak dikenakan biaya loh alias gratis.


Apa yang berbeda blog dan situs web?


Dalam hal fungsi, blog, dan situs web bersama. Perbedaannya terletak pada konten konten, penyimpanan file hosting server dan gunakan nama domain. Blog yang lebih populer mengarah ke * blogspot yang kebetulan telah ada sejak zaman kuno. 


Blogspot biasanya memiliki nama dengan com blogspot (dot) com (dot) karena memang untuk penyimpanan file masih di server hosting yang dimiliki oleh perusahaan blogspot. 


Sementara situs web biasanya memiliki nama domain sendiri, memiliki ekstensi domain sendiri (seperti .com, .net., Id, .xyz dan sebagainya) dan dapat digunakan untuk berbagai fungsi misalnya untuk toko online, situs web perusahaan dan sebagainya . Tetapi ada juga blog yang sendirian dengan domain dan hosting menggunakan CMS seperti WordPress.


Saya punya blog, bisakah blog disebut situs web? Dikutip dari Merriam-Webster, sesuai dengan makna, blog adalah situs web yang berisi konten online tentang pengalaman pribadi, video, atau gambar. Dan semua orang dapat mengomentari apa pun yang diposting. 


Sementara situs web adalah halaman di Internet yang menggunakan domain dan hosting yang memiliki konten tertentu (Wikipedia). Jadi, blog adalah bagian dari situs web. Dalam hal penulisan, blog lebih komunikatif dan lebih menarik. Sedangkan situs web tergantung pada jenis situs web yang dibuat.


Ide Konten Blog Yang Menarik


Oke, sekarang saatnya menuju ke cara membuat blog. Tetapi sebelumnya, kamu harus tahu tema dan blog apa yang ingin dibuat. Ada banyak tema yang bisa kamu pilih untuk blog kamu. Antara lain:


Blog Tutorial


Anda dapat menulis beragam tutorial. Misalnya, tutorial tentang membuat situs web, tutorial tentang cara membuat blog, tutorial memasak sayuran kangkung, tutorial mengubah ban mobil dan sebagainya.


Blog Informasi


Blog ini membahas informasi tentang berbagai hal. Anda dapat memilih informasi spesifik atau informasi global tentang bisnis, teknologi, atau otomotif.


Blog Food dan Traveling


Bagi mereka yang suka berjalan dan kuliner, mungkin blog makanan dan bepergian ini cocok untuk Anda.


Blog Review Produk


Siapa yang suka mencari informasi sebelum membeli produk? Nah, bagi mereka yang melek teknologi atau suka membeli produk tertentu, Anda dapat membuat ulasan blog produk. Misalnya, ulasan produk ponsel, laptop, komputer, otomotif dan sebagainya.


Blog Pribadi


Bagi mereka yang malas membuat blog dengan topik dan tema tertentu, tidak masalah. Cukup buat blog pribadi! Anda dapat menulis konten sesuka Anda dan Anda. Sudah banyak artis populer karena mereka adalah blogger, misalnya Raditya Dika, Benazio Kribo, anjak dan seterusnya.


Cara Membuat Blogspot dengan Smartphone dan PC


Satu cara mudah untuk membuat blog menggunakan blogger.com atau blogspot. Cara membuat blogspot ini termasuk yang paling mudah digunakan. Ini karena blogspot itu sendiri adalah platform blogging yang ramah untuk pemula.


Selain itu, blogspot juga merupakan platform yang terbuat dari Google, sehingga fitur yang ditawarkan cukup banyak.


Cara membuat blogspot yang dapat Anda lakukan dengan 2 cara. Cara pertama adalah membuat blog menggunakan smartphone. Sedangkan cara kedua membuat blog menggunakan komputer atau laptop. Buat blog baik dari smartphone atau dari laptop keduanya dengan mudah.


Cara membuat blogspot dengan smartphone


Dengan kemajuan teknologi yang ada, saat ini pun kamu sudah bisa loh mengetahui cara membuat blogspot via smartphone.Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu perhatikan saat membuat blog menggunakan smartphone.


1. Unduh aplikasinya. Untuk membuat blog via ponsel kamu harus mengunduh aplikasi blogspot terlebih dahulu. Aplikasi yang tersedia untuk blogspot adalah Blogger.com. Kamu bisa mengunduhnya melalui google play store ataupun melalui app store.


2. Masukan alamat email. Setelah kamu selesai mengunduh dan juga menginstall aplikasi tersebut, langkah selanjutnya ialah memasukan alamat email untuk membuat akun.


3. Sign Up dengan alamat email. Selanjutnya ialah lakukan sign up dengan memasukan alamat email dan juga password yang kamu miliki.


4. Edit profil. Setelah berhasil masuk pada aplikasi tersebut, kamu bisa untuk mulai mengisi profil yang ada sesuai dengan keinginan dan juga arahan pada halaman edit profil. Selanjutanya kamu bisa memilih buat blog baru.


5. Tulis alamat blog dan judul blog. Setelah menampilkan halaman buat blog baru, kamu bisa menuliskan alamat blog. Harus kamu perhatikan saat mengisi alamat blog ini, kamu harus menuliskannya dengan nama yang belum pernah dipakai oleh pengguna lainnya.


6. Klik desain template. Jika sudah menuliskan alamat dan juga judul blog kamu bisa untuk memilih desain template yang sesuai dengan keinginan kamu.


Setelah selesai memilih, kamu bisa mulai menulis isi blog pada blogspot. Blog pertama kamu pun telah jadi dan siap dibaca oleh orang lain.


Cara membuat blogspot dengan PC atau Laptop


Untuk membuat blogspot melalui PC ataupun laptop, kamu pun perlu menyiapkan alamat email menggunakan gmail. Berikut ini cara membuat blogspot menggunakan PC ataupun Laptop yang mudah untuk di praktikan.


1. Buka halaman browser. Langkah pertam ialah kamu perlu untuk membuka halaman browser pada PC atau laptop kamu kemudian ketikan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.


2. Klik create your blog. Setelah muncul halaman blogger.com kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.


3. Buat akun dengan email. Selanjutnya kamu bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspotmu. Meskipun kamu membuat akun baru, tapi kamu tak perlu untuk mendaftar. Karena blogspot pun langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akum gmail kamu.


4. Lengkapi profil. Setelah masuk pada akun blogger.com kamu akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog kamu. Meskipun kamu diminta untuk melengkapi profil, akan tetapi kamu bisa loh untuk mengisinya dilain waktu.


5. Settingan dasar pada dashboard. Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat. Pada dashboard ini kamu bisa untuk menuliskan judul serta alamat blog dan juga tema yang ada.


Selanjutnya klik create blog. Jika kamu ditawari untuk membeli sebuah domain, kamu bisa menolaknya loh dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar.


6. Pengaturan post blog. Langkah selanjutnya kamu akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik kamu. Kemudian kamu bisa mengklik publish jika telah selesai menulis isi blog.


7. Lihat hasil postingan. Terakhir jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan kamu pada blog, kamu bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang kamu buat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Blogspot yang Simpel bagi Pemula, Mudah dan Gratis"