Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Laptop untuk Pengguna Windows

Dtonlinefabs-Artikel ini akan memberikan panduan kepada Anda bagaimana cara memeriksa kesehatan baterai laptop windows 8, 7 dan 10 dengan empat metode yang berbeda. Kesehatan Baterai laptop sangatlah penting. Karena ini menyangkut performa kualitas laptop. Semakin baik sebuah laptop maka semakin baik pula kualitas baterainya. Anda bisa menjaga kesehatan laptop dengan meggunakannya sesuai aturan di buku panduan laptop Anda.

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Laptop untuk Pengguna Windows

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Laptop untuk Pengguna Windows

Memeriksa kesehatan baterai laptop dengan Windows OS tidak semudah memeriksa baterai laptop berbasis MacOS. Untuk memeriksanya, Anda dapat menggunakan aplikasi dan sistem yang sudah tersedia di laptop. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Banyak yang masih belum tahu bahwa kita dapat menggunakan Command Prompt (CMD) untuk memeriksa kesehatan baterai laptop. Keunggulan yang disediakan oleh Command Prompt (CMD) Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan yang akan mengurangi ruang penyimpanan.

Pada dasarnya prompt perintah tersedia di hampir semua versi Windows, seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Cara untuk memeriksa kesehatan baterai laptop menggunakan prompt perintah adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan pada tombol Mulai, lalu klik Command Prompt (admin). Pada versi Windows 10 terbaru, cari CMD di menu Mulai, lalu klik kanan CMD dan klik Jalankan sebagai Administrator.
  • Ketika perintah PowerCFG / Energy.
  • Tunggu 60 detik untuk mendapatkan laporan energi baterai.
  • Untuk mengakses laporan energi, tekan Windows + R dan ketik Lokasi: C: \ Windows \ System32 \ Energy-Report.html
  • Klik OK dan file akan terbuka di browser.
  • Periksa di bagian bawah kolom kapasitas desain dan kapasitas pengisian penuh. Perbedaan dari keduanya harus tidak terlalu jauh. Merekomendasikan kapasitas baterai maksimum 50%. Jika perbandingannya juga terlalu jauh merekomendasikan Anda mengganti baterai laptop.

Kolom informasi baterai dari setiap laptop mungkin merupakan tampilan berbeda tergantung pada jenis jendela. Tetapi untuk informasi yang ditampilkan kurang lebih sama.

2. Gunakan BatteryInfoview

Sumber: Nirsoft.

Cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pemeriksaan kesehatan baterai. Yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi baterai. Keuntungan dari aplikasi ini adalah penampilan sederhana, tetapi fungsinya efektif dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. Ukuran aplikasi ini kecil dan ringan saat dijalankan sehingga tidak akan membuat lag lag. Seperti langkah ini untuk digunakan:

  • Unduh aplikasi battertinfoview.
  • Format file yang diunduh akan .zip. Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu, lalu instal.
  • Setelah itu buka aplikasi. Di sana Anda akan menemukan berbagai informasi baterai laptop, seperti nama baterai, tingkat penggunaan baterai untuk mengetahui kesehatan baterai dan nomor seri.
  • Selanjutnya, pada aplikasi Anda akan melihat menu yang menyediakan catatan penggunaan baterai lengkap. Cara menggunakannya, yaitu, pada aplikasi menu utama Tekan tombol F8 untuk mengakses halaman log dan F7 untuk kembali dari halaman log.
  • Halaman login dapat membantu, misalnya ketika baterai tiba-tiba turun atau rusak, itu akan terlihat dan kita juga dapat segera menentukan langkah-langkah untuk mengatasinya.

3. Gunakan Betterybar

Sumber: Baterai ..

Batterybar adalah aplikasi untuk memeriksa baterai laptop yang akurat. Aplikasi ini akan menampilkan statistik yang menunjukkan kondisi baterai. Menariknya aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu aplikasi versi gratis dan versi berbayar.

Perbedaan antara keduanya tentu terlihat dari informasi yang ditampilkan. Tetapi jika Anda ingin menggunakan aplikasi untuk memeriksa kesehatan baterai saja, versi gratisnya cukup bagus. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi dari situs web Batterybar Pro resmi.
  • Instal aplikasi. Disarankan untuk menyimpan data aplikasi ini pada drive sistem (C).
  • Di bagian bilah tugas, kemudian informasi akan muncul terkait dengan baterai laptop. Informasi yang ditampilkan termasuk jumlah baterai yang tersisa, jumlah kapasitas keseluruhan baterai dan informasi lainnya.

Apa yang perlu dipertimbangkan dari informasi yang ditampilkan dari aplikasi ini ada di kolom aus baterai. Jika persentase baterai menunjukkan penurunan kapasitas 50%, itu adalah tanda bahwa baterai laptop harus diganti. Terutama jika laptop telah menunjukkan tanda kerusakan seperti kematian mendadak.

4. Menggunakan BatteryCare

Sumber: BatteryCare.

Aplikasi lain yang tidak kalah baiknya dengan aplikasi pemeriksaan kesehatan baterai adalah baterai. Satu informasi yang dapat Anda dapatkan dari aplikasi ini adalah baterai. Inilah cara menggunakan aplikasi ini:

  • Pertama-tama, unduh aplikasi pertama dari situs Batterycare resmi.
  • Buka aplikasi. Anda akan melihat dua tampilan menu utama, yaitu informasi dasar (informasi dasar) dan informasi terperinci (informasi terperinci).
  • Periksa baterai laptop secara mendalam pada aplikasi.

Perbedaan antara dua menu utama yang disediakan oleh aplikasi baterai adalah sebagai berikut:

Informasi Dasar: Menampilkan informasi dasar seperti status baterai, memperkirakan sisa waktu penggunaan baterai dan status baterai dan informasi penting yang terkait dengan baterai.

Informasi terperinci: Menampilkan informasi model baterai, jumlah kapasitas daya keseluruhan, baterai keausan, dan kapasitas yang dirancang.

Dengan demikian informasi tentang bagaimana memeriksa kesehatan baterai laptop. Jika baterai menunjukkan tanda-tanda kerusakan signifikan yang signifikan atau penurunan tindakan korektif sehingga kerusakannya tidak semakin buruk. Pilih cara memeriksa kesehatan baterai laptop terbaik dan berikan hasil yang akurat dan kompatibel dengan perangkat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Laptop untuk Pengguna Windows"