Pengertian Hyperlink Beserta Contoh Implementasinya Pada Blog

Dtokonline-Artikel ini berisikan penjelasan mengenai apa itu hyperlink dengan contoh dan implementasi dari hyperlink pada sebuah blog.


Pengertian Hyperlink Beserta Contoh Implementasinya Pada Blog


Jika Anda sering membaca sebuah artikel, tentu tidak asing jika Anda menemukan sebuah hyperlink. Hyperlink ini umum digunakan untuk menyambungkan halaman artikel yang satu dengan yang lain.


Definisi hyperlink


Hal pertama yang harus Anda pahami adalah pemahaman tentang hyperlink itu sendiri. Hyperlink adalah cara biasa untuk menghubungkan satu atau beberapa bagian sekaligus pada halaman dokumen atau situs web.


Secara umum, hyperlink ini dilakukan dalam bentuk teks yang berisi tautan khusus ke lokasi file tujuan. Penggunaan hyperlink ini tentu akan membuatnya lebih mudah bagi pengguna Internet karena tidak perlu menemukan file pelengkap yang mereka butuhkan.


Tidak hanya teks, hyperlink ini juga dapat dilakukan dalam bentuk video, gambar, ikon, dan bahan lainnya. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan halaman estetika dan kebutuhan.


Cara Membuat Hyperlink


Kemudian, mari kita anggap Anda ingin membuat hyperlink ke halaman utama google.com, Anda dapat membuat hyperlink seperti ini <a href=”google.com”>klik disini</a>. 


Anda dapat mengubah teks jangkar seperti yang diinginkan dan diadaptasi untuk setiap kebutuhan.


Fungsi Hyperlink


Ada banyak fungsi yang dimiliki oleh hyperlink. Namun, manfaat paling penting, tentu saja, adalah untuk memberikan kemudahan kepada pelamar informasi untuk mendapatkan file yang mereka butuhkan.


Cukup klik dan secara otomatis file akan ditampilkan oleh komputer.


Ini adalah salah satu keuntungan besar yang dapat dinikmati oleh pelamar data dari penemuan hyperlink beberapa tahun yang lalu.


Di sisi lain, penggunaan hyperlink juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan efisiensi waktu dalam pencarian data.


Bagaimana tidak, klik saja tautan yang tersedia, maka secara otomatis diarahkan ke file yang diharapkan tanpa harus melakukan pencarian pertama?


Jenis-Jenis Hyperlink


Sejauh ini, ada tiga jenis hyperlink yang dapat Anda temukan di situs web atau dokumen digital.


Tipe pertama adalah alamat absolut, kemudian diikuti oleh arah relatif dan yang terakhir adalah tautan yang diperbaiki di bagian khusus dalam sebuah dokumen


1.Absolute Address


Absolute address atau Alamat yang mutlak adalah hyperlink yang memiliki nama file, rute, lokasi jaringan, dan protokol.


Jenis hyperlink ini umumnya digunakan untuk merujuk ke halaman di situs web.


2.Relative Address


Jenis hyperlink Berikut ini adalah alamat relatif atau arah relatif yang dapat digunakan di blog.


Jenis hyperlink ini hanya menyebutkan nama file dan jalurnya tanpa menyebutkan lokasi jaringan dan protokol.


3.Link to Section


Link to section Ini adalah tautan yang mengacu pada halaman tertentu dalam konten artikel.


Jenis hyperlink ini banyak digunakan dalam pencarian Google Zero SEO saat ini. Oleh karena itu, ketika Anda mengklik, secara otomatis, tautan akan membawa Anda ke kalimat tertentu pada halaman.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Hyperlink Beserta Contoh Implementasinya Pada Blog"