Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Kerja yang Baik dan Benar

Dtokonline-Artikel ini berisikan contoh surat pengunduran diri atau resign kerja yang baik dan benar. Menunjukkan kesetiaan dan konsistensi di tempat kerja tidak mudah dilakukan. Apalagi jika kita bekerja di sebuah perusahaan dalam waktu yang lama. 


Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Kerja yang Baik dan Benar


Terkadang kita akan merasa bosan, berat dan kami ingin mencoba lingkungan baru. Jika itu saat pindah ke perusahaan lain atau dapat memutuskan kewirausahaan dan menciptakan pekerjaan kita sendiri. Terlepas dari ini, ada faktor-faktor lain, misalnya, dengan usia yang tumbuh, produktivitas kerja kami akan berkurang.


Selain itu, pekerja baru pasti akan muncul yang masih muda dan sangat produktif dan memiliki tingkat pendidikan jauh di atas kami. Tentu saja, orang-orang ini akan menjadi pesaing kami di perusahaan.

 

Selain itu, masih banyak faktor dan alasan lain yang akhirnya memengaruhi seseorang untuk menyerahkan perusahaan. Jika, pada kenyataannya, alasan kebaikan dan perusahaan itu sah jika kita memutuskan untuk berhenti dan menyerahkan perusahaan. 


Berbicara tentang pengunduran diri ini, tampaknya cukup baik bagi mereka untuk mengambil topik pembicaraan tentang artikel ini. Tidak perlu bertahan, kami memulai diskusi kami tentang pengunduran diri yang baik atau tuntutan pengunduran diri dan dengan benar sesuai dengan sistematika yang berlaku.


Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat oleh seseorang dan diarahkan ke kepemimpinan perusahaan di mana ia bekerja dengan maksud memberikan pernyataan bahwa pabrikan telah memutuskan untuk menyelesaikan periode pekerjaannya di perusahaan atau agensi. 


Seperti saat mengajukan pekerjaan, ketika berhenti pekerjaan, Anda juga harus menggunakan prosedur yang baik dan benar.

 

Tidak hanya perusahaan kami pergi, tetapi harus menyerahkan pernyataan resmi kepada perusahaan. Tujuannya adalah untuk menghormati perusahaan dan lebih berpendidikan dan formal.



Format Surat Pengunduran Diri


Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dibawah ini akan diuraikan format dan contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar. Lets check it!


Tanggal surat


Format dan contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar adalah tanggal surat. Tanggal surat biasanya ditempatkan di sebelah kiri atau kanan surat itu. Penulis harus memasukkan tanggal dengan benar dan sesuai dengan saat surat itu. Terkadang, pada tanggal, tanggal surat itu juga ditambahkan ke nama kota.


Alamat yang dituju


Setelah menulis tanggal, format huruf pengunduran diri berikutnya adalah alamat alamat. Menulis alamat yang dimaksudkan biasanya dimulai dengan yang terhormat (YTH) maka nama yang jelas dari penerima huruf. Tidak hanya itu dengan nama penerima surat juga harus dimasukkan serta nama perusahaan atau organisasi terkait dan alamat tempat.


Salam pembuka


Salam pembuka dalam surat permohonan untuk pengunduran diri juga sama dengan jenis huruf lain menggunakan kata "Dengan Hormat". Salam pembuka berguna sebagai penghormatan pengirim terhadap penerima surat atau alamat.


Isi surat


Yang membedakan semua jenis huruf adalah isinya. Dalam surat pengunduran diri berisi permintaan kepada kepemimpinan atau pihak terkait untuk mengundurkan diri dari kantor dan bekerja. Tidak hanya pengirim surat itu juga harus memberikan alasan logis dalam surat pengunduran dirinya.


Penutup surat


Penutup surat dalam jenis huruf ini juga berisi aplikasi sehingga permintaan pengunduran diri dari pihak yang bersangkutan dapat diterima. Tidak hanya penulis juga akan menulis kesan dan pesan selama itu menjadi bagian dari perusahaan dan organisasi.


Tanda tangan


Bagian terakhir dalam format surat ini adalah tanda tangan. Sebelum menulis tanda tangan, itu harus menulis sampul ucapan, yaitu "Hormat saya" kemudian hanya diikuti dengan tanda tangan dan nama penuh pengirim.


Poin Pengunduran Diri / Mengundurkan Ulang


Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menyusun surat pengunduran diri atau mengundurkan diri:

  • Mengungkapkan alasan pengunduran diri dalam menyusun surat pengunduran diri, kita juga harus mengungkapkan dengan jelas mengapa kita ingin mengundurkan diri dari perusahaan. Tetapi jika alasan kami bersifat pribadi dan tidak boleh diketahui oleh orang lain, atau alasan kami memiliki kemungkinan merusak hubungan baik kami dengan perusahaan, maka itu tidak boleh disebutkan. Ini untuk menjaga kebaikan kedua belah pihak.
  • Permintaan maaf jangan lupa untuk mengungkapkan aplikasi kepada perusahaan jika kita bekerja di sana kita pernah atau sering mengabaikan atau melanggar urutan yang berlaku di perusahaan.
  • Terima kasih yang tidak kalah pentingnya adalah terima kasih. Terima kasih perusahaan untuk waktu, kesempatan, dan pengalaman yang kami dapatkan selama bekerja.
  • Semoga kami juga dapat menyampaikan harapan kami kepada manajemen perusahaan melalui surat pengunduran diri ini.

Jika pembaca merasa ingin tahu tentang bagaimana bentuk atau sistematika surat pengunduran diri, di sini saya menawarkan beberapa contoh:


Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Kerja yang Baik dan Benar


Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak


Yang terhormat,

HRD Manager

PT. Orion Furniture And Property

Jalan Bukit Indah 514, Pati

Jawa Tengah


Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Eka Ahmad Feri Setiawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari posisi Asisten Kepala Bagian Produksi di PT. Orion Furniture And Property terhitung sejak tanggal 26 November 2015. Saya mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Orion Furniture And Property selama ini. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena saya mengalami masalah kesehatan yang tidak memungkinkan saya untuk terus melanjutkan pekerjaan saya di perusahaan ini.Saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Orion Furniture And Property apabila selama bekerja di sini saya telah banyak melakukan kesalahan baik yang saya sengaja maupun yang tidak disengaja.Saya berharap PT. Orion Furniture And Property semakin sukses dan berkembang hingga mampu menembus pasar Eropa dan Amerika. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.


Pati, 25 November 2015

Hormat saya,


Eka Ahmad Feri Setiawan


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan


Pati, 25 November 2015


Yang terhormat,

Human Resources Development Manager

PT. Sinar Mandiri Adiguna

Jalan Lampersari 222, Genuk

Semarang


Dengan hormat,


Melalui surat ini, saya Muhammad Nur Mujiono bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri saya dari PT. Sinar Mandiri Adiguna pada posisi Kepala Bagian Quality Control, terhitung sejak tanggal 26 November 2015 dengan alasan ingin melajutkan pendidikan S3 saya di luar negeri. Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan indistrial dan tanpa alasan yang negatif. Saya berharap pihak perusahaan dapat memahami kondisi saya dan berkenan memberikan hak-hak saya sesuai peraturan yang berlaku dan telah disepakati sebelumnya.


Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Sinar Mandiri Adiguna khususnya kepada Bapak Joko Riyono selaku Direktur Utama, seluruh staff dan karyawan di Bagian Quality Control, serta seluruh jajaran manajemen serta seluruh elemen karyawan PT. Sinar Mandiri Adiguna pada umumnya. Tak lupa saya juga memohon maaf kepada seluruh bagian PT. Sinar Mandiri Adiguna apabila terdapat kesalahan dan kelalaian yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan ini.


Harapan saya agar PT. Sinar Mandiri Adiguna dapat terus berkembang dan mampu meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan semoga dapat menjadikan maklum pihak PT. Sinar Mandiri Adiguna. Atas segala perhatian dan kebijaksanaan yang telah diberikan, saya ucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya.


Hormat Saya,


Muhammad Nur Mujiono


Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pabrik


Yogyakarta, 25 November 2015

Yang terhormat,

Direktur Utama

PT. Maju Terus Pantang Mundur

Jalan Mataram 123, Sleman, Yogyakarta


Dengan hormat,


Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang Kekaryawanan dan Undang-Undang Tenaga Kerja maka saya selaku karyawan PT. Maju Terus Pantang Mundur yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Aprilia Dwi Sri Handayani
  • Jabatan : Staff Administrasi
  • No. Karyawan : 0123456789
  • Alamat : Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sleman, Yogyakarta


Dengan ini bermaksud mengajukan pengunduran diri saya dari PT. Maju Terus Pantang Mundur dengan alasan saya dan keluarga saya harus berpindah tempat tinggal di luar negeri. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada motivasi negatif dalam bentuk apapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami dan memaklumi kondisi saya serta memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.


Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas kepercayaan dan kesempatan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Aprilia Dwi Sri Handayani


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi


Penutup

Begitulah contoh dan cara membuat surat pengunduran diri karyawan kontrak. Semoga cara diatas dapat membantu Anda dalam membuat surat pengunduran diri dengan baik dan benar, sekian dari saya terimakasih, bila ada yang perlu ditanyakan bisa ditulis pada kolom komentar.

Tidak ada komentar untuk "Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Kerja yang Baik dan Benar"