Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Baik dan Benar

Dtokonline-Artikel ini berisikan tutorial kepada Anda bagaiaman cara membuat surat lamaran kerja via email dan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dizaman yang makin moderen ini, melamar sebuah pekerjaan sangat berbeda dengan dulu, saat ini Anda bisa mengirimkan lamaran kerja menggunakan email.


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Baik dan Benar


Apakah Anda mencari pekerjaan? Surat permintaan adalah salah satu persyaratan wajib jika Anda ingin bekerja di perusahaan atau di tempat lain. Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang lirik dari aplikasi kerja juga dapat dikirim melalui email.


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa menyajikan surat lamaran pekerjaan dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya:

  1. Datang langsung ke perusahaan yang bersangkutan yang memiliki surat permintaan pekerjaan dan file yang diperlukan sebagai syarat untuk meminta pekerjaan di perusahaan. Keuntungan dari metode ini adalah bahwa kita dapat melihat kondisi perusahaan dan kita dapat bertemu langsung dengan perusahaan. Tetapi kelemahannya jika tempat tinggal kami jauh dari lokasi perusahaan, jadi kami membutuhkan upaya tambahan untuk datang ke perusahaan.
  2. Kirim surat penggunaan dan file komplementer melalui layanan pos. Ini umumnya dilakukan jika posisi pencari kerja jauh dari perusahaan yang diharapkan. Metode ini sebenarnya lebih praktis, tetapi kelemahannya adalah waktu pengiriman file. Butuh beberapa hari untuk file yang kami kirim ke tujuan, kecuali jika kami menggunakan paket flash khusus.
  3. Kirim surat-surat aplikasi kerja dan file softcopy melalui email. Keuntungan dari metode tiga ini, di samping itu, kita tidak perlu repot-repot datang langsung ke perusahaan, mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email juga lebih praktis, efisien (langsung ke tujuan) dan menghemat biaya pengiriman. Kami hanya perlu menyiapkan paket data untuk koneksi Internet atau Anda juga dapat melalui layanan Internet Cafe (Posting Internet). Nah, metode ini tiga akan menjadi masalah diskusi kami kali ini, yaitu, pada surat penerapan pekerjaan melalui email.

Dalam satu era semakin maju, karena sekarang ada banyak surat aplikasi pekerjaan yang dikirim melalui email. Ini akan membantu masyarakat mengirim surat pengantar ke perusahaan yang direncanakan. Saat ini, Anda dapat mengirim surat pengantar ke perusahaan yang jauh dengan Anda tanpa menghabiskan biaya lebih rendah.


Dengan email, pencari kerja dapat lebih mudah dan lebih efisien saat mengirim surat pengantar ke perusahaan. Saat ini, Anda tidak perlu membeli dan menyegel dan tidak perlu lagi datang ke perusahaan untuk mengirim permintaan pekerjaan. Ini membuat banyak orang mencari contoh surat presentasi melalui email di Internet.


Pengertian dan Fungsi Surat Lamaran Via Email


Bagi Anda yang telah lulus dari sekolah atau universitas lulus, tidak tahu detail tentang surat aplikasi, bukan? Secara umum, surat aplikasi sering terdengar sebagai syarat untuk meminta pekerjaan. Tetapi belum diketahui secara rinci tentang pemahaman apa.


Definisi surat presentasi adalah surat yang dibuat oleh individu khusus untuk menginformasikan data pribadi sambil menawarkan permintaan pekerjaan. Dalam hal ini, surat permintaan biasanya diarahkan kepada pihak berwenang untuk mengelola masuknya karyawan.


Seiring dengan waktu, sekarang surat permintaan pekerjaan tidak hanya ditulis secara langsung atau dalam bentuk dokumen yang telah ditulis. Tetapi juga dapat dikirim melalui email. Pada dasarnya, surat aplikasi email adalah surat permohonan untuk pekerjaan yang dikirim melalui email dan file dalam bentuk istilah yang diperlukan.


Huruf email biasanya ditujukan untuk perusahaan yang memberikan persyaratan untuk mengirimnya melalui email. Ketentuan masing-masing perusahaan tentu berbeda satu sama lain. Tetapi jika perusahaan di mana direkam adalah ketentuan seperti ini, Anda menghargai memiliki peran sebagai berikut.


Surat aplikasi ini melalui email dapat menjadi salah satu tanda bukti tertulis untuk penyajian surat permintaan pekerjaan. Dalam surat permintaan, Anda harus menulis informasi pribadi dan kata-kata yang Anda tunjukkan bahwa Anda ingin mengirim permintaan di posisi yang diperlukan di tempat itu.


Berkas Wajib yang Harus Dilampirkan di Surat Lamaran Kerja Via Email


Ketika Anda memutuskan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email, Anda harus menyiapkan beberapa merek seperti meminta pekerjaan melalui surat. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan sebelum mengirim surat aplikasi melalui email. Berikut adalah beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan:

  • CV (Daftar riwayat hidup)
  • Surat lamaran pekerjaan,
  • ijasah yang d iscan
  • sertifikat penting yang sudah d iscan
  • KTP yang discan
  • SKCK yang sudah discan
  • Pas photo berwarna
  • Surat lainnya sesuai permintaan perusahaan Anda melamar


Semua file ini harus dikirim melalui email dengan menggabungkannya dalam file PDF. Untuk menggabungkannya, Anda dapat menggunakan situs penggabungan file.


Langkah-langkah Melamar Kerja via Email


Setelah menyiapkan semua file, Anda dapat mengirim file aplikasi Anda ke perusahaan yang diarahkan. Langkah pengiriman yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Gabungkan semua file yang diperlukan dalam 1 file. Biasanya, setiap perusahaan menyediakan ukuran file maksimum yang dapat Anda kirim. Jika Anda melebihi batas, itu mungkin file yang dikirim tidak akan ditinjau
  • Jangan lupa untuk menggunakan akun email aktif. Ini karena beberapa undangan permintaan akan dikirim melalui email Anda.
  • Masukkan alamat email yang ingin Anda tuju. Jangan lewatkan alamat email perusahaan

Nah, bagi Anda yang masih bingung tentang format penulisan permintaan pekerjaan melalui email, maka yang berikutnya adalah kuil yang dapat Anda gunakan untuk membuat surat pengantar.


Pada dasarnya, format penulisan surat aplikasi huruf bukan paten. Yang paling penting adalah menggunakan bahasa yang berpendidikan. Jangan biarkan itu menggunakan bahasa yang tidak memiliki hati HRD karena nanti surat ini adalah entri untuk meminta HRD.


Format Penulisan Lamaran Kerja via Email


Berikut ini adalah contoh format lamaran kerja menggunakan email yang bisa Anda contoh.


Kepada (alamat email perusahaan yang akan Anda tuju)


CC dan BCC (tembusan) jika dibutuhkan


Subject (biasanya perusahaan akan menjelaskan mengenai subject email)


Dengan hormat,


Sesuai informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai (posisi yang akan Anda lamar)


Maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: (nama panjang Anda)

Alamat: (alamat sesuai dengan identitas Anda)

TTL: (tempat, tanggal lahir sesuai identitas Anda)

Pendidikan: (pendidikan terakhir yang Anda tempuh)


Ingin mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.


Bersama dengan ini, saya menyertakan daftar riwayat hidup dan data lainnya yang diperlukan. Saya berharap agar dapat diberikan kesempatan untuk mengisi lowongan tersebut di perusahaan Bapak/Ibu


Atas perhatian yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


(Nama Anda)


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email


Nah, untuk detail lebih lanjut, di sini kami memberikan contoh surat aplikasi email yang dapat membuat referensi. Secara umum, bentuk dan isi hurufnya sama dengan surat permintaan kerja secara umum. Hanya saja, surat kerja Lamran melalui email dikirim melalui email ke perusahaan email yang dimaksud.


Email elektronik tidak hanya memiliki manfaat bagi pelamar pekerjaan, tetapi juga bermanfaat bagi perusahaan. Perusahaan penerima akan lebih praktis ketika surat lamaran dikirim melalui email. Ini dapat diperiksa oleh jumlah perusahaan yang membuka lowongan saat mengundang pelamar yang tertarik mengirim CV atau dilanjutkan melalui email.


Format surat dari aplikasi kerja melalui email tentu memiliki hal yang berbeda dibandingkan dengan huruf aplikasi yang dikirim dalam bentuk dokumen dan penulisan tulisan tangan. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak? Lihat penjelasan lengkap tentang surat aplikasi ketenagakerjaan yang dikirim melalui email lalu ayolah!


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Benar


To: lowongankerja@majuterus.com

Cc : –

Subject : Lamaran KerjaDengan hormat,


Berdasarkan informasi yang saya baca pada situs resmi PT. Maju Terus Pantang Mundur bahwa PT. Maju Terus Pantang Mundur sedang membuka lowongan pekerjaan pada posisi Staff Administrasi. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan di atas. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :


Nama : Aprilia Dwi Sri Handayani

Tempat, Tanggal Lahir     : Pati, 23 Mei 1994

Jenis Kelamin                 : Perempuan

Alamat                         : Jalan Bukit Indah 514, Pati, Jawa Tengah

Pendidikan Terakhir     : S1 Akuntansi

Telepon                          : 081234567890


Perlu saya sampaikan juga bahwa saya menguasai Bahasa Inggris serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada publik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan dalam bentuk softcopy atau scanning dan saya lampirkan via email attachment :

  • Pas foto 3×4 berwarna terbaru (2 lembar)
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotolopi KTP
  • Fotokopi Ijazah S1
  • Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar pihak perusahaan berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi tersebut. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Aprilia Dwi Sri Handayani


Contoh Lamaran Kerja Via Email Lewat HP


To: personalia@orion.com

Cc : –

Subject : Staff ProduksiDengan hormat,


Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website resmi PT. Orion Furniture And Property bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja pada bagian Staff Produksi. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :


Nama : Muhammad Nur Mujiono

Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 6 April 1990

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Desa Ronggo, RT02, RW04, Kec. Jaken, Kab. Pati, Jawa Tengah

Pendidikan Terakhir : SMK jurusan Teknik Mesin

Telepon : 081234567890 


Sekadar informasi, saya pernah bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang yang sama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu kelola sebagai Staff Produksi dan telah menguasai teknik pengoperasian mesin-mesin perusahaan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan berupa Daftar Riwayat Hidup, pas foto, serta beberapa sertifikat keahlian yang saya miliki dalam bentuk softcopy atau scanning dan saya lampirkan via email attachment.


Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar pihak perusahaan berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi tersebut. Saya juga bersedia memenuhi panggilan untuk melakukan tes dan wawancara guna menjelaskan lebih rinci mengenai data diri saya. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Muhammad Nur Mujiono


Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan Via Email


To        : rayakarya@corp.com

Cc         : –

Subject : Surat Lamaran Kerja

Dengan Hormat,


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Caty Permatasari

Tempat/Tgl Lahir           : Surabaya, 10 November 1992

Jenis Kelamin                : Perempuan

Status Perkawinan        : Belum Menikah

Pendidikan                   : S-1 Akuntansi

Nomor telepon             : 083848035227


Berdasarkan data di atas saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di perusahaan Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Akuntan. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penunjang seperti:

  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Ijazah S-1 Akuntansi
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Pas Foto dengan format .jpeg

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat. Saya mengharap kesempatan yang Bapak/Ibu berikan dalam proses selanjutnya untuk lebih menjelaskan tentang diri saya. Terima kasih.


Hormat saya,


Caty Permatasari


Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Via Email


To        : hrd@rayakarya.co.id

Cc         : –

Subject : Administrator


Yth. Bapak/Ibu HRD

PT Raya Karya


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama                           : Rissa Dwi

Tempat, Tgl lahir           : Mojokerto, 16 Agustus 1993

Pendidikan terakhir       : S-1 Administrasi Publik

Nomor telepon             : 085292986722


Bersama surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Administrator. Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai administrator selama 2 tahun di perusahaan swasta sebelumnya. Dengan pengalaman bekerja tersebut, saya telah memiliki berbagai kemampuan yang dapat dimanfaatkan sebagai Administrator di tempat Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa file :

  • Pas foto ukuran 4×6
  • Scan KTP
  • Scan Ijazah S-1 Administrasi Publik
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Scan Surat Pengalaman Kerja
  • Curriculum Vitae

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Saya akan menjelaskan tentang diri saya lebih lanjut ketika mendapat kesempatan wawancara. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Rissa Dwi


Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Baik



Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Baik

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Dalam Bahasa Indonesia


Purwokerto, 9 November 2019

Yth:

HRD Tirto.ID Yogyakarta

Jalan Matraman No. 1 RT/RW 01/49,

Ringinsari, Maguwaharjo, Depok, Sleman,

Yogyakarta, 55281

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari media sosial, bahwa Tirto. ID Yogyakarta sedang membuka lowongan kerja sebagai Content Creator. Saya merasa tertarik untuk bergabung, dan berikut ini saya lampirkan data diri saya:

Nama                          : Aji Kuncoro

Tempat Tanggal Lahir : Blora, 17 Oktober 1994

Alamat                        : Jl. Melati No.98 Purwokerto Barat

Pendidikan Terakhir    : S-1 Sastra

Status                          : Single

Telepon/Email            : 02672456/kuncoro76@gmail.com

Saya lulusan Sarjana Sastra dengan IPK 3.40 dan sedan bekerja sebagai Content Creator di salah satu perusahaan kota saya. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan berkas-berkas penting lainnya:

  • Curriculum Vitae
  • Scan Ijazah
  • Scan Transkip Nilai
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Sertifikat
  • Pas Foto 4×6 Terbaru

Demikian surat ini saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan Tirto.ID dan bertemu dengan Bapak/Ibu untuk melakukan tahap selanjutnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 
Hormat saya,

 

(nama)


Penutup


Begitulah panduan mengenai cara membuat surat lamaran kerja via email dan contohnya. Semoga artikel diatas dapat membantu Anda dalam mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan.

Tidak ada komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Baik dan Benar"