Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Mudah

Dtokonline-Artikel ini berisikan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog dengan mudah pada platform blogger maupun wordpress. Mendapatkan uang di era teknologi seperti sekarang dapat dikatakan lebih mudah. 


Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Mudah

Kami hanya diharuskan untuk menjadi kreatif dan tidak ragu untuk menyalurkan hobi dan bakat. Karena dengan teknologi, kami mudah untuk memperkenalkan hasil kerja kepada orang lain.


Karena sekarang, orang tampaknya tidak lepas dari smartphone dan jaringan internet untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari membeli dan menjual barang online, belajar atau kuliah online, bahkan mencari pengalaman dapat dilakukan secara online.


Nah, dari perubahan gaya hidup ini, Anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan uang. Bagi Anda yang suka menulis atau meninjau sesuatu, Anda dapat menghasilkan uang melalui blog yang dapat dibuat oleh konten Anda sendiri.


Tetapi kadang-kadang, meskipun memiliki minat pada dunia penulisan, sering dihadapkan dengan kesulitan menemukan ide untuk dituangkan di blog. Kurangnya pengalaman dan kemampuan teknis, sering menghantui blogger pemula.


Cara Menghasilkan Uang Dari Blog


Pertanyaannya diklasifikasikan sebagai umum untuk blogger pemula. Untuk itu, beberapa hal yang harus Anda lakukan termasuk:


1. Mulailah Membuat Blog


Hal pertama yang harus dilakukan adalah mulai terlebih dahulu apa yang ingin Anda lakukan. Kewajiban utama untuk menjadi blogger tentu memiliki platform blog untuk dapat menghasilkan konten yang bermanfaat.


Seringkali ini membuat beberapa orang terkendala karena mereka tidak memiliki kemampuan teknis dalam menggunakan platform blog. Bahkan, ada banyak tutorial untuk membuat blog di internet, dari yang gratis untuk dibayar.


2. Pilih Platform Blog


Pilih platform blog yang ingin Anda gunakan untuk mengunggah konten yang Anda miliki. Beberapa platform ini termasuk WordPress, Blogspot, dan sebagainya. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Bagi Anda yang suka mengacaukan kode HTML, Anda dapat menggunakan blogspot karena menawarkan kustomisasi tata letak gratis. Sedangkan sebagai blogger pemula, Anda dapat menggunakan platform WordPress.


Beberapa keunggulan WordPress termasuk menawarkan akses gratis, mudah digunakan, kegiatan berjalan dengan aman, dan Anda bebas memilih tema blog sesuai dengan kebutuhan Anda.


3. Buat Nama Domain Blog


Setelah Anda memilih platform blog yang ingin Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain atau alamat blog, sehingga blog yang Anda miliki secara online. Tips Membuat Domain Blog adalah untuk memastikan kejelasan nama domain blog Anda dan memiliki konformitas dengan konten blog yang Anda peranca.


Selanjutnya, setelah Anda menentukan nama blog blog yang Anda miliki, Anda dapat mengkonfigurasi blog. Secara umum WordPress menampilkan menu yang memang lebih kompleks daripada blogspot. Tetapi dengan menu Compecture Anda juga dapat menambahkan Pengoptimal Mesin Pencari (SEO) Pengoptimal dan Konfigurasi SEO setiap artikel yang Anda buat menggunakan Taggar atau Kata Kunci.


4. Kreasikan Blog Semenarik Mungkin


Setelah Anda mengkonfigurasi blog yang Anda miliki, maka Anda dapat mengubah desain blog ke pembaca yang lebih menarik. Pilih desain yang cocok dengan konten blog yang Anda miliki. Untuk mengubah tema blog, Anda dapat memanfaatkan banyak tutorial yang tersedia di Internet.


Sedangkan opsi tema, Anda dapat menggunakan tema gratis untuk dibayar. Salah satu tips yang perlu Anda perhatikan, jangan ragu untuk menggunakan tema berbayar karena lebih ramah untuk mencari mesin seperti Google, serta ramah untuk browser seluler ke desktop.


5. Hasilkan Konten yang Bermanfaat dan Menarik


Berikutnya adalah Anda dapat mulai menulis konten blog yang berguna dan juga menarik. Jadi mudah ditemukan dan bermanfaat bagi banyak orang. Pada prinsipnya, konten blog yang menarik adalah blog yang menginspirasi, menghibur, memecahkan masalah, dan mampu mengubah gaya hidup yang lebih baik bagi pembaca.


Satu hal yang harus Anda hindari adalah menghindari adalah dengan menggunakan konten kontribusi, atau menyebarkan informasi palsu. Tidak ada salahnya dalam melakukan penelitian atau koleksi bahan yang dapat Anda buat tema penulisan atau ulasan artikel blog.


6. Mencari Pembaca Blog


Sebagai blogger pemula, seringkali terlalu fokus pada membangun blog secara teknis. Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog yang Anda miliki, hindari hanya fokus pada satu hal, sama seperti hanya membangun blog. Tetapi mulai memikirkan target pembaca blog Anda.


Untuk membangun komunikasi, Anda dapat melakukan penelitian kecil dengan meminta pembaca, dari mana mereka berasal dan di mana mereka berkumpul. Jadi blog Anda sesuai dengan target pembaca.


7. Membangun Kedekatan dengan Pembaca Blog Anda


Setelah Anda membuat konten blog dan dalam data statistik telah mengangkat pembaca, mengubah fokus Anda untuk mendekati pembaca. Jika perlu, mulailah membuat komunitas blog yang harus Anda buat kedekatan dengan pembaca.


Jika Anda merasakan jumlah pengunjung blog Anda tidak terlalu banyak, pembaca telah memberikan respons dalam bentuk komentar pada setiap unggahan, Anda dapat menanggapi komentar ini sehingga mereka merasa lebih dihargai.


Lakukan apa saja untuk membuat pembaca kembali ke blog Anda. Misalnya, dengan memberikan kuis atau hadiah menarik untuk mempertahankan lalu lintas blog Anda. Sehingga statistik pengunjung blog Anda akan meningkat. Jika perlu, tanyakan kepada pembaca untuk menyebarkan konten yang Anda tulis sehingga blog yang Anda miliki semakin dikenal oleh Netizen.


Dari Mana Sumber Penghasilan Blog?


Setelah menyelesaikan dan membangun blog, baik konten maupun pembaca, maka Anda harus mengetahui beberapa sumber pendapatan blog. Lalu, di mana sumber pendapatan dari blog?


1. Pendapatan dari Periklanan


Satu penghasilan yang bersumber dari sebuah blog umumnya berasal dari iklan yang Anda instal. Prinsipnya sama dengan surat kabar atau majalah yang menjual kolom iklan.


Semakin tinggi blog lalu lintas yang Anda miliki, semakin banyak ruang iklan berbayar mahal di blog Anda. Salah satu tips yang perlu Anda jalankan adalah menginstal Google Adsense untuk meningkatkan lalu lintas blog Anda.


2. Pendapatan dari afiliasi


Afiliasi sebagaimana dimaksud dalam dunia blogging adalah untuk membuat konten yang Anda tulis untuk mengarahkan pembaca untuk membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain. Jika Anda beruntung dan seseorang mengikuti tautan atau tautan yang Anda tulis dan lakukan pembelian tulisan Anda.


Biasanya, akan ada komisi sesuai dengan perjanjian antara kedua pihak. Jika Anda memiliki pembaca setia, kemungkinan pembaca blog Anda akan mengikuti rekomendasi yang telah Anda buat sangat besar.


3. Membuat Event


Pegang acara untuk blogger pemula tidak harus dalam skala besar. Bagi Anda yang memiliki pembaca setia, Anda dapat mengundang pembaca ke acara Anda dan menerapkan tarif.


Dari sini Anda bisa mendapatkan penghasilan. Bagi Anda yang tidak pernah membuat peristiwa sendiri, Anda dapat mulai dengan pertemuan acara antara blogger, dan pembaca dalam skala kecil terlebih dahulu. Selain mendapatkan penghasilan dari tarif tiket, Anda juga dapat mencari sponsor acara yang Anda buat.


4. Penghasilan berulang


Nah, apa yang dimaksud dengan pendapatan berulang adalah dengan menerapkan keanggotaan program atau program loyalitas. Itu berarti bagi anggota tertentu, mereka dapat mengakses konten premium yang tidak diperoleh dengan anggota reguler atau non-berbayar.


5. Layanan atau Layanan


Selain beriklan, blog yang Anda miliki juga dapat digunakan untuk menawarkan layanan atau layanan. Misalnya konsultasi, pelatihan, penulisan, layanan desain, ke layanan freelance lainnya.


Lebih mudah bagi Anda tidak akan mendapatkan karya jika klien langsung menghubungi Anda. Berbeda dengan kasus ini jika Anda menjadi freelancer menggunakan pihak ketiga.


6. Produk.


Produk yang umumnya dijual oleh blogger adalah buku dan barang yang tidak terlalu jauh dari kegiatan blogging. Produk buku cukup memakan waktu, karena harus dipikirkan dengan cermat.


Tetapi keuntungan jika Anda memasarkan diri melalui blog pribadi Anda, buku yang Anda jual tidak akan dikenakan margin. Tidak seperti jika Anda menjual buku melalui sistem konsinyasi di toko buku.


Cari pendapatan tambahan dari hobi blogging

Dengan demikian beberapa sumber pendapatan Anda dapat melewati tulisan di blog yang Anda miliki. Selalu tulis konten positif dan hindari menyebarkan informasi negatif yang saat ini sedang ditetapkan oleh undang-undang yang berlaku di Indonesia, yang disebut UU ITE  (Informasi Elektronik dan Transaksi). Bagikan hobi Anda dan dapatkan untung dari pendapatan tambahan dengan blogging.



Tidak ada komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Mudah"